Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mencuci Bra Tempel yang Benar agar Tetap Melekat

KOMPAS.com - Jenis bra tempel (sticky bra atau adhesive bra) adalah jenis bra tanpa tali. Bentuknya hanya berupa cup yang digunakan dengan cara ditempel para area payudara.

Jenis bra tempel ini dirancang untuk penggunaan gaun pesta atau baju yang terbuka di bagian punggungnya (backless dress). Pada umumnya, bra tempel menggunakan material silikon, kain satin, hingga kain sutra.

  • 6 Rekomendasi Sport Bra Rp 200.000-an yang Berkualitas
  • Ketahui 4 Manfaat Push Up Bra, Jangan Asal Pilih 

Meskipun tanpa tali, namun bra tempel mampu menempel dengan kuat dan kencang di payudara. 

Bagi yang pertama kali menggunakan bra tempel, mungkin akan bertanya-tanya, apakah bra tempel bisa dicuci. Sebab, dikhawatirkan proses pencucian bisa menghilangkan daya rekatnya. 

Namun, tenang saja karena bra tempel bisa dicuci. Melansir dari She Finds, cara untuk mengembalikan daya rekat bra tempel justru dengan mencucinya. 

“Apa rahasia untuk mengembalikan bra tempel ke kondisi prima? Hal ini hanya membutuhkan tiga langkah sederhana dengan menggunakan sabun dan air. Ya, semudah itu!” bunyi artikel She Finds, dilansir Kompas.com, Selasa (23/1/2024). 

6 Cara Mencuci Bra yang Benar Agar Bersih dan Awet 

7 Bahaya Tidak Mengganti Bra Secara Rutin, Perempuan Wajib Tahu 

Niidor, Perusahaan Peritel Bra Hong Kong mengungkapkan, mencuci justru merupakan cara termudah dan paling efektif untuk membuat bra tempel kembali lengket. 

“Ya, kamu bisa mencuci bra tempel. Cara terbaik membersihkan bra tempel adalah dengan mencucinya,” tulis Niidor dalam situs resminya. 

Seperti pakaian dalam pada umumnya, bra tempel menjadi tempat tumpukan kotoran, keringat, dan lainnya. Jika tidak dicuci, kotoran-kotoran tersebut justru bisa mengurangi daya rekatnya. 

Idealnya, kamu membersihkan bra tempel setiap selesai dipakai, sebelum menyimpannya. Jika dibiarkan usai dipakai, dikhawatirkan kotoran yang menumpuk itu bisa memicu tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan iritasi dan penyakit kulit.

Cara mencuci bra tempel

Cara mencuci bra tempel cukup mudah dan sederhana. Kamu hanya membutuhkan air dan sabun. 

1. Basahi bra tempel dengan air hangat 

Mulailah dengan membasahi sisi perekat bra tempel dengan air hangat. Kamu tidak perlu merendam seluruh bagian bra tempel ke air.

Air hangat adalah pilihan yang tepat untuk mencuci bra tempel karena membantu menghilangkan kotoran tanpa merusak bra.

2. Gunakan sabun lembut 

Selanjutnya, beri sabun dengan formula lembut pada permukaan bra tempel. Pastikan, sabun yang kamu gunakan tidak mengandung scrub karena bisa merusak lapisan perekat bra tempel. 

Saat ini, ada beberapa jenis sabun khusus bra tempel yang bisa kamu jumpai. Jika tidak, kamu bisa menggunakan sabun dengan formula lembut yang tersedia di rumah. 

3. Gosok lembut cup bra tempel 

Dengan menggunakan jari, gosok bagian perekat atau cup bra tempel yang sudah disiram air hangat dan diberi sabun. Gosok secara perlahan dan lembut. 

Jangan menggunakan kuku atau benda tajam lainnya karena bisa merusak lapisan bra tempel.

4. Bilas 

Selanjutnya bilas bra tempel menggunakan air, bisa air hangat atau dingin. Agar lebih efektif, kamu bisa menggunakan air mengalir. 

5. Keringkan bra tempel

Proses pengeringan bra tempel tidak kalah penting. Cara mengeringkan bra tempel yang tepat adalah dengan meletakkan pada permukaan datar dan bebas debu. 

Pastikan sisi yang lengket menghadap ke atas dan berjauhan satu sama lain, agar mencegah saling menempel. Mengeringkan bra tempel menggunakan angin atau udara adalah cara terbaik untuk menjaga daya rekatnya.

Jangan mengelap bra tempel menggunakan handuk atau tisu karena dapat merusak daya rekatnya. 

Jauhkan bra tempel dari sinar matahari langsung karena dapat merusak silikon dan daya rekatnya. Hal yang sama berlaku untuk sumber panas lainnya, seperti pengering rambut. 

6. Simpan 

Jika kamu tidak akan memakai bra tempel setelah kering, maka simpanlah. Caranya, dengan memasang kembali lembaran plastik penutup bra tempel. 

Hal ini akan mencegah permukaan perekat terkena kotoran dan debu. Jangan simpan bra tempel dengan bra atau pakaian lain, karena dikhawatirkan bisa menempel. 

Cara terbaik untuk menyimpan bra tempel adalah dengan memasukkan kembali ke kemasannya. 

  • Ini 8 Kesalahan Saat Membeli Bra Menurut Pakar
  • Apakah Tidur Mengenakan Bra Berdampak Buruk?

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/23/221317720/6-cara-mencuci-bra-tempel-yang-benar-agar-tetap-melekat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke