Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mengajari Anak Hidup Sehat sejak Dini, Mulai dari Hal Sederhana

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengajari anak hidup sehat harus dilakukan sedini mungkin agar kebiasaan tersebut bisa terbawa ketika ia beranjak dewasa. 

Dengan mengajarkan gaya hidup sehat, kesehatan si buah hati pun akan lebih terjaga seiring berjalannya waktu. 

  • 12 Kebiasaan untuk Memulai Hidup Sehat di Tahun 2024
  • Simak, Kebiasaan Hidup Sehat yang Bisa Memperlambat Penuaan

Menurut dokter spesialis anak dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, Sp.A, MARS, mengajarkan hidup sehat sejak dini bisa dilakukan lewat memberi contoh kebiasaan-kebiasaan baik. 

“Saat anak masih kecil kan mereka cenderung meniru apa yang dilakukan orangtua, maka dari itu penting untuk orangtua melakukan kebiasaan-kebiasaan baik agar bisa ditiru sama anak,” jelas dokter Tiwi, panggilan akrabnya, dalam acara peluncuran Brand Ambassador Cleo di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (23/1/2024). 

Dalam hal ini, dokter Tiwi mengatakan bahwa kebiasaan yang harus diajarkan adalah kebiasaan sederhana. 

“Mulai hidup sehat itu enggak usah ribet-ribet kok. Mulai aja dari empat hal. Makan sehat, minum sehat, olahraga, dan tidur yang cukup,” sebut dokter Tiwi. 

Dalam hal ini, ia pun menganjurkan orangtua untuk selalu mengajarkan anak rutin minum air putih setiap hari, dan tidak mengonsumsi minuman manis.

“Kalau di bawah satu tahun itu kan air bukan prinsip ya, apalagi di bawah enam bulan. Ketika anak menginjak usia enam bulan ke atas, mulai kenalkan air putih biar dia terbiasa juga untuk minum air putih,” terangnya.

Selain itu, dokter Tiwi menegaskan, tidur cukup dan berolahraga juga harus dimulai dari keluarga. 

Sebab, jika orangtua bergadang atau anak dibiasakan tidur larut malam, hal itu dikhawatirkan akan menjadi kebiasaan.

Selain keempat hal yang sudah disebutkan sebelumnya, dokter Tiwi menyampaikan bahwa aspek kesehatan lainnya seperti vaksinasi dan obat juga jangan dilupakan. 

Meski demikian, menurutnya, hal tersebut bukanlah yang menjadi prioritas utama. 

“Kalau anak sakit jangan langsung minta obat. Minum air putih itu juga bisa jadi obat untuk anak-anak yang demam atau batuk karena air itu bisa berfungsi sebagai obat batuk dan pengencer dahak,” jelasnya.

Tiwi menjelaskan, air putih punya banyak peran. Terlebih untuk penyakit-penyakit yang biasa dialami oleh bayi dan anak. 

“Air mencegah dehidrasi kalau anak lagi demam. Kalau anak lagi batuk sebagai obat batuk. Terus, kalau anak atau bayi terkena infeksi saluran kencing, obat nomor satunya adalah air. Jadi orangtua harus sadar dulu soal ini,” pungkasnya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/29/133500320/cara-mengajari-anak-hidup-sehat-sejak-dini-mulai-dari-hal-sederhana

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke