Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Aroma yang Cocok untuk Tiap Ruangan di Rumah

KOMPAS.com - Membuat rumah nyaman tidak hanya berhenti pada penataan aksesoris dan furnitur. Wewangian adalah elemen yang sering terlupakan, padahal dapat memberikan dampak besar pada suasana tempat tinggal kita. 

Aroma bisa menambah kedalaman ruang, menciptakan suasana yang meningkatkan karakter rumah menjadi lebih menyenangkan. 

Menggunakan aroma khusus untuk setiap ruangan juga dapat meningkatkan fungsinya, dan memungkinkan kita memberikan kepribadian yang berbeda pada setiap ruangan. 

Namun sebaiknya kita memilih aroma yang tepat untuk masing-masing ruangan, agar tidak menjadikannya berlawanan dengan fungsinya. 

Memilih aroma untuk setiap ruangan 

Untuk ruang tamu atau ruang keluarga

Mainkan sesuai suasana hati

Aroma yang dipilih untuk ruang ini berfungsi sebagai landasan untuk melengkapi aktivitas yang berlangsung. Bunga yang lembut dan sensual seperti mawar atau sedap malam adalah wewangian universal yang cocok menghangatkan ruangan keluarga, dan bisa digunakan sehari-hari. 

Namun, jika kamu mengadakan pesta, pilihlah wewangian yang ceria dan untuk menambah kegembiraan. Aroma buah menambah cita rasa sosial yang menyenangkan yang akan melengkapi acara dan mendorong para tamu untuk berbaur. 

"Untuk ruang tamu atau keluarga, kita bisa memakai diffuser dengan aroma teh atau jeruk yang memberi semangat," ujar Albertus Setyapranata founder Euódia Home, produk pengharum ruangan buatan Indonesia dalam acara Talkshow dan Media Workshop bersama Tokopedia, Rabu (21/2/2024).

Selain itu, kita juga bisa mencoba aroma cendana, kayu cedar, lavender untuk menciptakan suasana tenang dan kalem, atau lily dan markisa jika ingin suasana yang lebih hidup.

Untuk ruang makan 

Jangan bersaing dengan aroma lezat masakan

Oleh karena itu, menurut situs Luxe Decor, kita sebaiknya menghindari aroma bunga di ruang makan karena aromanya akan mengganggu makanan yang disajikan. 

Sebaliknya wewangian herba berbahan dasar jeruk bisa melengkapi aroma makanan yang sudah ada, dan berfungsi untuk menetralisir aroma masakan yang terlalu kuat. 

Untuk ruang makan, lilin beraroma ideal guna menciptakan suasana yang akrab. Pilihlah lilin beeswax karena memiliki sifat pemurni udara yang menetralkan bau tak sedap, dan mengeluarkan aroma madu ringan yang tidak bersaing dengan makanan.

"Aroma lilin cocok untuk boost suasana karena lebih kuat," ujar Albert.

Kita bisa mencoba aroma Bergamot, Pir, Thyme, Grapefruit, Madu, atau Rosemary untuk ruang makan.

Untuk kamar tidur

Tebarkan aroma yang membawa ketenangan

Manfaat tambahannya adalah aroma tumbuhan alami memiliki khasiat terapeutik. Kayu putih dan pinus dipercaya dapat mengurangi tingkat stres, sedangkan aroma vanila membantu meningkatkan kualitas tidur. 

Untuk aroma yang sedikit seksi namun halus, pilihlah wewangian berbahan dasar bunga yang dibubuhi sedikit musk untuk mendapatkan aroma sensual dan romantis untuk kamar tidur.

Aroma seperti melati dan ylang-ylang juga merupakan afrodisiak alami. Apa pun yang kamu pilih, wewangian kamar tidur bersifat intim, jadi pilihlah wewangian favoritmu untuk menciptakan suasana pribadi yang tepat.

Yang jelas, jangan memilih aroma yang terlalu kuat atau memberi semangat karena bisa mengganggu istirahat. "Kamar tidur cocoknya menggunakan aroma untuk relaksasi. Kita tidak ingin terlalu bersemangat saat mau tidur kan,"ujar Albert. 

Aroma yang bisa dicoba antara lain: Vanila, Kayu Putih, Pinus, Melati, Ylang Ylang, dan Kamomil.

Untuk kamar mandi 

Basuh dengan aroma yang segar dan bersih 

Salah satu pilihan yang cocok adalah wewangian dengan aroma laut atau air yang terasa segar dan lapang. Karena kamar mandi biasanya memiliki ruangan yang lebih sempit, sebaiknya hindari bau menyengat yang akan memenuhi ruangan, tapi pilihlah aroma yang cenderung ringan dan bersih. 

Aroma mentimun misalnya, sangat cocok untuk ruangan berukuran lebih kecil karena membuat orang menganggap suatu ruangan lebih besar dari aslinya.

Coba: Mentimun, Linen, Ocean, Freesia, Mandarin, Geranium

Untuk dapur

Usir aroma yang tidak menyenangkan

Apel, pir, dan thyme juga bekerja dengan baik untuk dapur, namun hindari penggunaan aroma bunga di ruangan ini karena tidak dapat bercampur dengan baik dengan aroma makanan.

Wewangian lain yang bisa kita pertimbangkan untuk dapur termasuk aroma rempah-rempah dan herbal. Aroma seperti itu tidak hanya menyenangkan tetapi akan menyatu dengan baik dengan aroma makanan saat kita memasak.

Untuk ruang kerja

Jernihkan pikiran dan hilangkan ketegangan

Jika kamu bukan penggemar aroma rosemary, cobalah melati atau peppermint. Melati dapat meredakan ketegangan dan saraf, sedangkan peppermint memberi energi dan menyegarkan, sekaligus membantu konsentrasi dan menstimulasi pikiran.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/23/200000720/tips-memilih-aroma-yang-cocok-untuk-tiap-ruangan-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke