Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Tips Kecantikan ala Korea yang Bikin Kulit Glowing

Bahkan, tampilan "no makeup" yang seolah tanpa menggunakan riasan sama sekali juga masih menjadi pilihan untuk gaya makeup sehair-hari.

Lantas, apa saja rahasia kecantikan ala Korea yang bisa diterapkan untuk membuat kulit terlihat lebih glowing?

Nah, dikutip dari laman Byrdie, pada Senin (8/4/2024), berikut rahasia perawatan kulit dan riasan yang mereka andalkan untuk mendapatkan kulit yang glowing.

Tips kecantikan ala Korea

1. Menggunakan acne patch untuk cegah bekas jerawat

Perempuan Korea lebih rentan terhadap pigmentasi, jadi mereka melakukan perawatan ekstra untuk melindungi kulit dari sinar UVA/UVB yang berbahaya.

"Mereka tidak akan meninggalkan rumah tanpa mengoleskan tabir surya. Mereka juga menghindari sinar matahari langsung dengan menggunakan topi, payung, dan sarung tangan bila perlu," kata Charlotte Cho, pendiri Soko Glam, sebuah situs web yang menjual produk kecantikan Korea.

Dalam hal perawatan kulit, Cho mengatakan bahwa perempuan Korea menggunakan pencerah kulit alami seperti ekstrak beras, vitamin C, dan licorice, serta eksfoliator.

Untuk bintik-bintik hitam yang membandel, mereka akan mengunjungi dokter kulit untuk menghilangkannya dengan menggunakan laser.

Sementara itu, mengenai noda bekas jerawat, orang-orang Korea mengatasinya dengan menggunakan acne patch.

2. Melakukan deep cleansing sebelum pakai makeup

Dokter spesialis kulit, Dr Brendan Camp, mengatakan, double cleansing adalah bagian penting dari perawatan kulit Korea.

"Ini adalah proses dua langkah, pertama-tama mencuci wajah dengan pembersih berbasis minyak, yang membantu mengemulsi riasan, minyak, dan residu dari produk perawatan kulit untuk memfasilitasi pengangkatannya," katanya.

"Langkah kedua melibatkan penggunaan pembersih berbasis air untuk menghilangkan kotoran tambahan dari kulit, seperti keringat," terang dia.

Bagi Cho, pembersihan adalah landasan untuk mendapatkan kulit yang lebih baik dari sebelumnya.

"Pembersihan itu penting karena kelebihan minyak, kotoran, dan bakteri pada kulit dapat menyebabkan penuaan dini, bintik-bintik hitam, dan jerawat," katanya.

Ia pun melakukan tiga kali pembersihan setiap hari dan berbagi panduan langkah demi langkahnya seperti berikut:

  • Pembersihan pertama: Gunakan kapas atau tisu pembersih untuk mengangkat kotoran yang membandel pada kulit dengan lembut, perhatikan area mata dan leher yang sensitif.
  • Pembersihan kedua: Pijatkan pembersih minyak ke kulit untuk menghilangkan kotoran berbasis minyak kemudian bilas.
  • Pembersihan ketiga: Pada wajah yang basah, tambahkan busa pembersih untuk menghilangkan kotoran berbasis air. Bilas dan keringkan.

3. Memakai sheet mask untuk meningkatkan hidrasi

Menurut Dr Camp, sifat oklusif dari sheet mask memerangkap kelembapan dalam kulit, yang dapat membantu kulit tetap terhidrasi dan memperbaiki tampilan garis-garis halus.

"[Mul-gwang] atau istilah untuk kulit glowing di Korea, adalah tentang hidrasi. Memakai sheet mask dan melapisi pelembap akan membantu kita mendapatkan kulit yang bercahaya," tambah Cho.

Ia juga mengungkapkan, ada beberapa krim mata yang mengandung ekstrak mutiara untuk menyamarkan flek-flek hitam, serta membuat kulit wajah lebih glowing.

4. Campurkan face oil dengan foundation

Seorang beauty influencer Korea-Amerika, Morgan Stewart mengatakan, jika kita memiliki kulit kering, cobalah mencampurkan minyak wajah (face oil) atau serum dengan foundation.

Hal ini tidak hanya akan membantu pengaplikasian foundation, tetapi kita juga akan mendapatkan kulit yang tampak glowing saat mengaplikasikannya.

5. Memiliki rutinitas skincare yang lebih ekstensif

Kebanyakan orang hanya berpegang pada pembersih wajah dan pelembap.

Namun, jangan pernah mengabaikan pentingnya langkah-langkah seperti eksfoliasi, serta penggunaan toner dan essence dalam rutinitas skincare sehari-hari.

Dalam perawatan kulit Korea, toner umumnya digunakan setelah pembersihan untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit.

"Toner dapat digunakan untuk menghilangkan minyak berlebih dan mempersiapkan kulit untuk penggunaan produk tambahan," kata Dr Camp.

"Serum kemudian dapat diaplikasikan untuk secara efektif memberikan konsentrasi bahan yang tinggi, seperti pelembab atau antioksidan. Setelah menggunakan pelembap, tabir surya dioleskan terakhir," jelas dia.

6. Tepuk-tepuk kulit, jangan digosok

Alih-alih menggosok, menepuk-nepuk kulit saat menggunakan skincare dan makeup sangatlah penting.

Karena cara ini lebih lembut ke kulit dan mencegah kulit cepat mengalami penuaan yang menyebabkannya terlihat lebih kusam.

Para ahli juga menyarankan kita menggunakan skincare yang ringan sehingga dapat diserap ke dalam kulit, seperti sheet mask, essence, serum, dan pelembap.

7. Menggunakan produk dengan mucin siput

Bagi yang belum tahu, mucin adalah lendir yang dikeluarkan oleh siput ketika stres, jadi ini bukan untuk vegan.

"Mucin siput adalah produk yang populer dalam perawatan kulit Korea karena mengandung bahan-bahan yang meningkatkan hidrasi dan kekenyalan kulit, seperti asam hialuronat, antioksidan, dan zing," ungkap Dr Camp.

Menurutnya, mucin siput bekerja dengan sangat baik dalam menghilangkan iritasi kulit, sekaligus sangat menghidrasi dan yang tak kalah penting adalah membuat kulit glowing.

8. Menggunakan makeup yang ringan dan dewy

Tampilan kulit dewy Korea adalah salah satu tren Korea yang banyak digemari karena terlihat lebih muda dan lebih realistis.

Untuk menjaga agar kulit tetap lembap, kita dapat menggunakan produk makeup seperti BB cream, BB cushion, atau foundation yang ringan.

"Kuncinya adalah menggunakan sesuatu yang ringan, sehingga kulit tetap terlihat alami. Makeup menjadi cara terbaik untuk mempercantik penampilan, terutama jika kita memiliki kulit berminyak yang tidak dapat menerima terlalu banyak perawatan kulit," kata Stewart.

"Selain itu, tambahkan kilau dengan highlighter cair yang ringan," saran dia.

Untuk meningkatkan tampilan dewy lebih jauh lagi, kita bisa mengaplikasikan highlighter berkilau pada kelopak mata dan pipi untuk menambahkan sorotan pada wajah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/04/08/151500320/8-tips-kecantikan-ala-korea-yang-bikin-kulit-glowing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke