Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sambut Hari Kartini, Ini 6 Tempat Beli Kebaya di Jakarta 

KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia memperingati Hari Kartini yang jatuh pada 21 April setiap tahunnya. Salah satu bentuk peringatan Hari Kartini adalah mengenakan baju kebaya. 

Sosok Kartini, atau Raden Ajeng (R.A.) Kartini merupakan tokoh emansipasi yang memperjuangkan hak-hak perempuan agar dapat mengenyam pendidikan. RA Kartini lahir di Jepara, Jawa Tengah, pada 21 April 1879, yang kemudian diperingati sebagai Hari Kartini. 

Buat kamu yang tengah mencari baju kebaya untuk peringatan Hari Kartini, berikut rekomendasi tempat beli kebaya di Jakarta yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa menjumpai aneka produk kebaya vintage maupun modern. 

1. Pasar Tanah Abang 

Pasar Tanah Abang merupakan pusat penjualan produk fesyen dan tekstil terbesar di Asia Tenggara. Pengunjung bisa menjumpai beragam pakaian jadi di pasar yang berlokasi di Tanah Abang, Jakarta Pusat ini, termasuk baju kebaya. 

Jika ingin membeli kebaya, kamu bisa berkunjung ke Blok A dan Blok F Pasar Tanah Abang. Kamu bisa menjumpai aneka kebaya mulai dari vintage hingga modern. 

Adapula beragam aksesoris pelengkap baju kebaya seperti jarik kebaya, kalung, bros, anting, dan tas jenis clucth. 

2. Thamrin City 

Sekitar 1,5 km dari Pasar Tanah Abang, kamu bisa menjumpai tempat beli kebaya di Jakarta lainnya, yakni Thamrin City. Serupa, Thamrin City juga menawarkan aneka jenis kebaya, mulai dari model vintage hingga modern. 

Thamrin City juga menyediakan aneka produk fesyen lainnya, seperti pakaian, tas, sepatu, sandal, dan sebagainya. Lokasinya cukup strategis karena berdekatan dan pusat perbelanjaan modern Grand Indonesia dan Plaza Indonesia. 

3. Pasar Baru 

Pasar Baru merupakan pusat perbelanjaan tertua di Jakarta yang dibangun pada 1820. Lokasinya berada di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Meskipun pasar tertua, namun barang-barang yang dijual di Pasar Baru selalu menyesuaikan dengan tren. Kamu bisa menjumpai aneka kebaya mulai dari model vintage hingga modern. 

Pengunjung bisa menjumpai berbagai kedai makanan, tempat thrifting, tempat nongkrong, hingga area beribadah di sekitar Pasar Baru. 

4. ITC Mangga Dua 

Pengunjung bisa menjumpai aneka kebaya di ITC Mangga Dua yang berlokasi di  Jalan Mangga Dua Raya, Kecamatan Pademangan, Jakarta Utara. 

Tersedia aneka model kebaya yang bisa dipakai untuk peringatan Hari Kartini, wisuda, tunangan, pernikahan, maupun acara lainnya. Selain kebaya, ITC Mangga Dua juga menawarkan beragam produk fesyen dan aksesoris baik lokal maupun impor.

5. Pasar Mayestik 

Warga Jakarta Selatan yang tengah mencari kebaya, bisa mengunjungi Pasar Mayestik. Tak hanya menyediakan produk pakaian jadi, Pasar Mayestik juga terkenal sebagai sentra penjahit. 

Jadi, selain membeli kebaya jadi, kamu juga bisa menjahit kebaya di Pasar Mayestik. Terdapat puluhan penjahit yang sudah puluhan tahun menjadi penjahit di Pasar Mayestik. 

Lokasi Pasar Mayestik berada di Jalan Tebah III, Kelurahan Gunung, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

6. Pusat Grosir Cililitan (PGC)

Pusat Grosir Cililitan (PGC) juga menyediakan aneka kebaya baik vintage mapun modern. Selain baju kebaya, pembeli bisa menjumpai beragam produk fesyen dan aksesoris lainnya. PGC juga dilengkapi dengan tenant makanan dan minuman. 

Lokasinya berada di Jalan Mayjen Sutoyo Nomor 76 Cililitan, Kramat Jati, Jakarat Timur. Setiap harinya, pusat perbelanjaan ini dikunjungi oleh puluhan ribu pengunjung.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/04/15/105406320/sambut-hari-kartini-ini-6-tempat-beli-kebaya-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke