Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tahap Membuat Isi Praline

Kompas.com - 06/08/2010, 18:17 WIB

KOMPAS.com - Senang ngemil cokelat praline? Pada beberapa produk cokelat, ketika kita gigit, dari bagian dalamnya keluar isian seperti kacang, gula-gula, atau liqeuer. Anda sudah sering mencoba membuat praline dengan isi seperti ini, tetapi seringmengalami kegagalan. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Berikut tips dari Chef Laurent Bernard, seorang chocolatier asal Belgia, pada workshop "It's All About Belgian Chocolate" di Emilie Restaurant, Jakarta, Selasa (3/8/2010) lalu.

1. Lelehkan cokelat
Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melelehkan cokelat yang akan diolah. Hati-hati saat melelehkan cokelat ini. Apabila Anda melelehkan dengan sembarangan, cokelat akan sulit keluar dari cetakan. Lelehkan cokelat hingga cair merata, dan pastikan tidak ada cokelat yang menggumpal.

Saat melelehkan cokelat, suhu juga harus diperhatikan. Ada baiknya apabila Anda memiliki alat pengukur suhu yang dapat digunakan. Ketika suhu dirasa terlalu panas, Anda dapat mendinginkannya. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mendinginkan adalah batu marmer. Namun, Anda harus tetap mengaduknya agar tidak beku.

2. Mencetak
Setelah mendapatkan suhu yang tepat, masukkan cokelat cair ke dalam cetakan. "Untuk meratakan cokelat, cetakan perlu 'digetok' setelah dimasukkan," kata Chef Bernard.

Setelah diratakan, tuang cokelat ke dalam tempat adonan kembali. Mengapa? Karena yang Anda butuhkan hanyalah lapisan tipis cokelat.

3. Bekukan
Proses yang ketiga adalah pembekuan. Anda dapat menggunakan lemari pendingin atau freezer untuk membantu proses pendinginan. Jangan biarkan cokelat berada pada suhu yang lembab. Kelembaban suhu dapat mempengaruhi kualitas hasil cokelat.

Setelah melalui proses pembekuan ini, Anda dapat memasukkan adonan isi sesuai selera. Kemudian Anda dapat membekukannya lagi sebelum menutupnya dengan lapisan cokelat. Sebagai sentuhan akhir, tutupi adonan isi dengan cokelat. Kemudian tinggal dibekukan. Setelah beku, Anda dapat mengeluarkan cokelat dari cetakannya. Cokelat pun siap dimakan.

4. Penyimpanan
Ketika Anda menyimpan cokelat begitu saja dalam lemari pendingin, seringkali cokelat menjadi berbintik-bintik putih. Cara menyimpan cokelat yang baik adalah dengan memasukkannya terlebih dahulu pada sebuah wadah plastik bertutup. Dengan demikian cokelat tidak akan berubah warna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com