Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Tak Sadari Ancaman Kanker Payudara

Kompas.com - 04/10/2010, 14:27 WIB

DENVER, KOMPAS.com - Survei menemukan bahwa hampir 80 persen pria yang berisiko tinggi terkena kanker payudara tidak tahu kalau mereka dapat mengidap kanker tersebut. Rata-rata dari mereka juga menyatakan tidak pernah mendapatkan informasi mengenai risiko kanker payudara dari dokternya.

Kesimpulan itu adalah hasil penelitian di Amerika Serikat (AS) terhadap 28 pria yang memiliki risiko tinggi terhadap kanker payudara. Pria dilibatkan adalah mereka setidaknya memiliki setidaknya satu anggota keluarga sedarah dari pihak ibu yang menderita kanker payudara.

Hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal 'American Journal of Nursing' itu menunjukkan, 79 persen responden tidak tahu bahwa kaum Adam juga bisa mengidap kanker payudara. Sebanyak 43 persen mengatakan, menderita penyakit itu bisa menyebabkan mereka mempertanyakan kejantanan mereka.

Menurut "National Cancer Institute" di AS, pria penderita kanker payudara jumlahnya kurang dari 1 persen dari seluruh kasus kanker payudara. Penyakit itu cenderung menyerang pria berusia 60 hingga 70 tahun.

"Penelitian ini memberi langkah pertama terhadap pemahaman yang berkembang mengenai persepsi dan pengetahuan pria mengenai kanker payudara. Kanker payudara pada pria tidak biasa, dan tidak diperhatikan oleh media, populasi umum dan komunitas pelayanan kesehatan," kata Eileen Thomas, penyusun riset yang juga asisten profesor di College of Nursing University of Colorado Denver.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com