Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pembayaran Non Tunai Siap Hadapi Lebaran

Kompas.com - 28/07/2011, 13:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia menyatakan bahwa sistem pembayaran non tunai siap melayani kebutuhan masyarakat dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1432 H. Hal ini disampaikan oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia, Ardhayadi, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (28/7/2011).

"Bank Indonesia juga telah mempersiapkan infrastruktur sistem pembayaran non tunai dan mekanisme contingency plan agar tetap dapat melayani transaksi masyarakat dengan baik," ujar Ardhayadi.

Mengenai infrastruktur sistem pembayaran non tunai, sejak 7 Januari 2011 , BI telah menerapkan Mekanisme Setelmen Periodik pada Kliring Kredit SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia), atau lebih dikenal dengan close to real time.

"Dengan diimplementasikannya mekanisme tersebut maka setelmen Kliring Kredit dalam satu siklus dapat dilakukan beberapa kali secara periodik sesuai dengan jadwal yang ditetapkan," tambah dia.

Dengan begitu, lanjut dia, bank dapat melakukan pembukuan rekening nasabah penerima lebih cepat dari sebelumnya. Bahkan transfer kredit dapat diterima nasabah pada hari yang sama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com