Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Capek Ciri Gangguan Kejiwaan?

Kompas.com - 26/01/2012, 09:54 WIB

TANYA : 

Apakah benar mereka yang merasakan gejala seperti gelisah, badan terasa tidak enak, bisa tidur tapi bangun masih terasa capek, ada bercak hitam di kulit tapi tidak gatal, adalah yang mengalami gangguan kejiwaan? Dok, saya sudah melakukan pemeriksaan di berbagai dokter. Dokter bilang semua organ tubuh saya normal. Tetapi, yang saya rasakan badan terasa capek, kadang badan terasa kaku kalau kena cuaca dingin seperti di ruangan AC, badan juga terasa kaku. Apa yang saya alami sebenarnya Dok. Terimakasih atas jawabannya.

(Hafidz, 22, Yogyakarta)

JAWAB :

Mas Hafidz yang baik,

Gangguan kejiwaan memang bisa dalam bentuk keluhan fisik atau psikis. Bahkan, kebanyakan orang Asia termasuk Indonesia lebih suka mengeluhkan keluhan fisik daripada keluhan psikis. Hal ini disebabkan karena keluhan fisik terkesan bisa lebih "diterima" oleh sekitar daripada keluhan psikis.

Kita seringkali tidak mendapatkan tanggapan yang berarti dari sekitar jika kita mengeluh psikis, tapi jika kita mengeluh fisik maka orang akan lebih perhatian. Tidak heran dalam pembelajaran tentang psikodinamika kepribadian, ada kondisi keluhan fisik yang merupakan upaya untuk "mencari perhatian" dari orang sekitar.

Apa yang dikeluhkan mas Hafidz sepertinya merupakan gejala psikosomatik, suatu keluhan fisik yang berasal dari ketidakseimbangan psikis. Kondisi ini bisa diakibatkan karena ketidakseimbangan sistem mekanisme adaptasi stres di otak yang terkait dengan sistem monoamine (dopamin,derotonin,norepinefrin).

Kecuali bercak hitam di kulit tersebut, keluhan lain yang dirasakan mas Hafidz memang banyak dikeluhkan oleh pasien yang mengalami gangguan psikosomatik. Kelelahan kronik adalah salah satunya termasuk di dalamnya adalah gangguan tidur. 

Saran saya ada baiknya jika pemeriksaan fisik tidak menemukan hal yang bermakna maka mas Hafidz bisa berkonsultasi ke psikiater yang memahami kondisi psikosomatik yang dialami oleh mas Hafidz. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com