Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2012, 16:44 WIB

KOMPAS.com - Indonesia memiliki 30.000 spesies tanaman, 3.000 di antaranya berkhasiat sebagai tanaman obat. Sekitar 650 spesies tanaman obat, kosmetik, aromatik (Toka) bisa Anda temukan di Kampoeng Djamoe Organik di Cikarang, Jawa Barat, didirikan  PT Martina Berto Tbk.

Kampoeng Djamoe Organik atau disingkat KaDO, Martha Tilaar , juga membudidayakan tanaman kosmetik yang diolah untuk membuat produk perawatan tubuh perempuan. Meski sebagian besar tanaman harus melalui proses pengolahan yang rumit (untuk menjadi produk kecantikan), beberapa tanaman bisa Anda temukan dan tanam sendiri di rumah dengan ragam khasiatnya.

KaDO seluas 10 hektar berjarak 1-1,5 jam dari pusat bisnis Jakarta (kawasan Sudirman), memberikan inspirasi untuk perempuan dalam merawat kecantikan menggunakan bahan alam.

Di antaranya bunga sepatu yang berkhasiat mencerahkan wajah. Bunga sepatu yang dibudidayakan di KaDO diambil ekstraknya untuk diolah menjadi produk kecantikan yang mencerahkan kulit. Tentunya hal ini melewati proses pengolahan yang rumit.

Namun ada juga tanaman yang bermanfaat untuk perawatan tubuh, bisa langsung tanam dan makan sebagai lalapan. Contohnya, pohon beluntas yang bisa diolah menjadi produk kecantikan untuk mengatasi masalah bau badan.

"Pohon beluntas bisa ditanam di rumah, dan daunnya bisa dilalap, tanaman ini berkhasiat mengatasi bau badan," jelas Dedi Sopiandi, supervisor KaDO, di sela kunjungan media ke KaDO, Cikarang, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.

Pohon kemiri berukuran besar yang juga menghijaukan lahan gersang di kawasan industri Cikarang ini juga punya manfaat kecantikan. Kemiri dikenal dan digunakan secara tradisional oleh masyarakat menjadi bahan alam merawat rambut.

KaDO Martha Tilaar juga menggunakan ekstrak kemiri untuk menciptakan produk perawatan rambut. Selain itu terdapat juga pohon delima yang bisa diolah menjadi produk kecantikan untuk mengecilkan pori-pori. Yang tak kalah menariknya, di KaDO juga ditanam pohon jati belanda, yang daunnya seringkali diolah untuk menciptakan teh pelangsing tubuh.

Tentunya berbagai tanaman ini membutuhkan penanganan khusus untuk menciptakan produk kecantikan tertentu. Namun, tak ada salahnya jika Anda ingin menghijaukan rumah Anda dengan kembang sepatu yang cantik misalnya, yang ternyata bisa merawat perempuan karena ekstraknya bisa mencerahkan kulit.

Dengan mengunjungi KaDO, yang menyediakan paket wisata untuk kalangan umum, Anda juga bisa mengedukasi diri dalam memilih kosmetik dari bahan alam. Selain bisa menginspirasi Anda untuk berkebun di rumah dengan tanaman obat dan kosmetik yang sangat beragam dan menunjukkan betapa kayanya Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com