Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/11/2012, 09:09 WIB

KOMPAS.com - Lelah bekerja, stres, dan emosi, biasanya akan menurunkan  gairah seks Anda dan pasangan. Boro-boro bercinta, setelah lelah rasanya hanya ingin langsung tidur saja. Ujung-ujungnya, si dia bakal kecewa dan ngambek. Lalu bagaimana agar kehidupan seks Anda tetap lancar sekalipun didera rasa lelah? Mungkin saja Anda butuh asupan vitamin dan mineral sebagai pendongkrak libido.

1. Vitamin A
Bukan hanya untuk mata, vitamin A juga berperan penting untuk meningkatkan gairah seks, karena memang meningkatkan produksi hormon seks Anda. Agar gairah lebih menggelora, sebaiknya vitamin ini dikonsumsi oleh Anda dan pasangan.

2. Vitamin B3
Vitamin ini punya tugas penting saat bercinta, yaitu meningkatkan aliran darah ke alat kelamin Anda. Aliran darah yang meningkat di area tersebut akan membantu Anda mencapai orgasme.

3. Vitamin B6
Vitamin B6 merupakan vitamin peningkat libido karena membantu mengendalikan produksi prolaktin yang tinggi dalam tubuh. Kadar prolaktin yang tinggi merupakan salah satu faktor penyebab perempuan sulit hamil, karena menghambat kesuburan perempuan dan mencegah terjadinya ovulasi.

4. Vitamin B12

Vitamin B12 juga termasuk dalam vitamin yang meningkatkan gairah seks. Vitamin ini bekerja maksimal untuk para pria. Kandungan bahan aktif ini akan membantu memperbesar pembuluh darah di kelamin sehingga berpotensi membantu ereksi penis.

5. Vitamin C
Vitamin C berperan untuk mensintesis hormon yang bisa meningkatkan gairah seks, kesuburan, dan membantu Anda agar lebih mudah terangsang.

6. Vitamin E

Vitamin ini dikenal bagus untuk kulit, dan dianggap sebagai vitamin seks. Ini disebabkan karena vitamin E mampu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke alat kelamin Anda sehingga membantu meningkatkan produksi hormon seks.

7. Asam folat
Asam folat merupakan vitamin utama yang dibutuhkan ketika Anda ingin hamil. Konsumsi asam folat ini berperan ketika tujuan seks mengarah pada reproduksi. Asam folat bisa didapatkan dengan konsumsi kacang-kacangan, biji-bijian, buah, sayuran, dan daging.

8. Magnesium
Mineral yang satu ini memiliki efek afrosidiak (perangsang) yang bisa meningkatkan libido Anda dan kinerja seksual. Magnesium biasanya didapatkan dalam sayuran hijau, tepung gandum, kakao, kacang, dan daging.

9. Selenium
Selenium punya peranan penting untuk kejantanan pria. Selenium bisa didapatkan dalam jamur, tiram, semangka, bawang putih, dan ubi jalar.

10. Zinc
Zinc atau seng dibutuhkan untuk para pria. Mineral seng berperan dalam meningkatkan hormon testosteron. Asupan mineral ini bisa diperoleh dari bayam, brokoli, tahu, kentang, telur, daging, dan kerang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com