Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2014, 12:07 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

KOMPAS.com – Meskipun emansipasi sudah diakui oleh banyak pihak di era globalisasi seperti sekarang, tetapi kenyataannya dalam kehidupan sehari-hari masih banyak perempuan yang takut dalam mengambil keputusan berisiko.

Padalah segala sesuatu yang berisiko jika dijalankan secara proporsional dan dengan pemikiran yang matang, dapat “mengangkat” perempuan ke tahap kesuksesan yang lebih sempurna.  Maka dari itu, sepatutnya sebagai seorang perempuan, Anda harus berani menghadapi segala kendala, ketakutan, dan kekhawatiran supaya mantap dalam memutuskan

Berikut beberapa alasan mengapa Anda sebagai perempuan harus lebih berani mengambil risiko agar bisa sukses meraih karier impian Anda:

1. Ada banyak peluang tak terduga dibalik setiap risiko
Jika Anda melihat segala keputusan yang sarat risiko sebagai sesuatu yang sangat negatif, seorang CEO dari Bayer CropScience, Sandra Peterson, menyarankan sebaiknya Anda mengubah pola pikir tersebut dengan memandang risiko sebagai kesempatan menuju kesuksesan daripada jalan menuju kegagalan.

"Berpikirlah bahwa risiko adalah sebuah kesempatan besar dan itu memungkinkan saya untuk belajar hal baru dan mengambil peran lebih besar dalam organisasi yang lebih luas," katanya.

2. Mengambil risiko menunjukkan kepercayaan diri Anda
Berani mengambil risiko adalah sikap yang menandakan mampu memimpin orang lain. "Pengetahuan yang saya miliki membantu saya untuk lebih percaya diri, dan dengan ini saya jadi suka mengambil risiko," kata Tamara Abdel-Jaber, CEO perusahaan teknologi, Palma di Arab saudi.

3. Kita belajar dari risiko
Tidak semua keputusan berisiko akan memberikan segala hal yang sesuai rencana dan keinginan.  Ketika keputusan yang Anda ambil menghasilkan risiko yang tidak menyenangkan, jangan pernah menyerah. Sebaliknya pandanglah sisi positifnya dengan memetik pelajaran dari risiko ini.

"Saya selalu merasa ada hal menarik tentang mengambil risiko. Ada pepatah yang mengatakan bahwa Anda hanya bisa belajar dengan baik jika Anda dihadapkan pada sebuah risiko. Saya sangat terpesona dengan pelajaran dibalik setiap risiko. Maka dari itu, saya selalu menantang diri sendiri untuk melakukan pekerjaan yang orang pikir saya tidak bisa melakukannya. Lalu saya akan buktikan kalau mereka tidak benar," ujar Heater Rabbats, Non-Executive Director of The Football Association.

4. Sukses tidak datang begitu saja
Tidak ada kesuksesan yang akan datang begitu saja ke pangkuan Anda. Sebaliknya, Anda harus lebih aktif mengejar kesuksesan Anda dan mengambil risiko untuk meraihnya.

"Satu hal yang penting adalah Anda harus nyaman, karena Anda tidak akan tahu persis tentang hasil yang diinginkan. Mengejar kesuksesan sama dengan melakukan berbagai eksperimen di sepanjang jalan Anda. Mau tak mau Anda akan dihadapkan pada risiko-risiko besar saat mengejar kesuksesan," kata Kay Koplovitz, CEO perempuan pertama di jaringan televisi Huffington Post.

5. Anda tidak bisa mencapai impian hanya dengan bermain aman
Untuk semua profesional terutama perempuan, berada di zona nyaman memang sangat menakutkan. Namun, sampai Anda bersedia untuk keluar dari zona dan mengambil risiko, Anda tidak akan pernah bisa mencapai kesuksesan dan menyadari potensi Anda sesungguhnya. Sudah waktunya, untuk meninggalkan zona nyaman, berjuang untuk mencapai keinginan serta mimpi besar Anda.

6. Risiko bisa mengatasi rasa takut gagal
Singkirkan bayangan tentang anggapan bahwa risiko bisa membuat Anda gagal. Jangan pernah berpikir jika kegagalan adalah sebuah akhir perjalanan menuju sukses. Justru sebaliknya, kegagalan adalah awal dan batu loncatan untuk meraih kesuksesan. Jangan takut gagal!

7. Mengambil risiko tidak berarti gegabah
Keberanian mengambil risiko memang diperlukan untuk bisa mengenali potensi dan kesuksesan karier. Hanya saja ini bukanlah sebuah pengecualian kalau Anda bisa mengambil setiap risiko yang ada tanpa pertimbangan yang masak. Anda tidak akan mendapatkan manfaat dari risiko tanpa persiapan matang dan juga pengetahuan yang cukup. "Anda tidak bisa mengambil risiko dan mencari jalan keluarnya tanpa melihat prospek ke depannya," kata Jeanne Kucey, CEO JetStream Federal Credit Union.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com