Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memilih Kacamata Hitam untuk Berbagai Bentuk Wajah

Kompas.com - 27/06/2024, 12:12 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber Best Life

KOMPAS.com - Kacamata hitam adalah salah satu aksesoris penting untuk melindungi mata sekaligus menunjang penampilan. Namun kita harus memilihnya dengan cermat. Salah pilih kacamata bisa membuat penampilan kita aneh, bukannya keren.

Lalu bagaimana menemukan kacamata hitam yang cocok? Salah satu yang terpenting adalah menyesuaikan kacamata dengan bentuk wajah

Berikut adalah cara menemukan bentuk wajah Anda dan mencocokkannya dengan model kacamata hitam.

Cara menentukan bentuk wajah

Ilustrasi bentuk wajah Ilustrasi bentuk wajah
Bentuk wajah akan menentukan kesesuaian dengan kacamata. Karenanya dari sinilah kita akan memulai.

“Umumnya bentuk wajah kita akan cocok dengan bingkai kacamata yang berlawanan,” kata Hillary Balch, pakar pengembangan produk dan merchandising di Blenders Eyewear.

Misalnya, bentuk wajah bulat paling cocok untuk frame persegi dan persegi panjang, sedangkan wajah persegi aka lebih pas menggunakan bingkai dengan sudut membulat.

Baca juga: Memilih Kacamata yang Tepat, Perhatikan Desain dan Bentuk Wajah

Bila kamu bingung dengan bentuk wajahmu, coba lakukan pengukuran.

Ukur wajah dari dagu ke dahi, pipi ke pipi, garis rahang ke rahang, dan pelipis ke pelipis untuk mengetahui proporsi umum wajahmu. Jika panjangnya cenderung seragam, kamu mungkin memiliki wajah persegi; jika panjang lebih besar dari lebarnya, wajahmu mungkin lonjong, jika bervariasi, kamu mungkin memiliki bentuk yang lebih bulat.

Jika pengukuran masih dirasa sulit, saat ini ada banyak aplikasi yang dapat menganalisis foto selfie dan memberi tahu bentuk wajahmu, seperti Find Your Face Shape untuk Apple atau Hitface dari Google Play.

Kacamata terbaik untuk setiap bentuk wajah

Wajah oval

Ilustrasi kacamata hitam Ilustrasi kacamata hitam

Cobalah semuanya: "Sebagian besar bentuk wajah oval cocok dengan berbagai bentuk bingkai karena keseimbangan dahi, tulang pipi, hingga dagu," kata Laura Howard, desainer kacamata di Vera Wang. Anda tidak perlu menyeimbangkan fitur apa pun, jadi Anda bisa mencoba apa pun.

Oversized: Howard juga menganjurkan bingkai berukuran besar pada bentuk wajah ini, seperti gaya Jackie Kennedy di tahun 80-an dan pilihlah bentuk bulat atau oval.

Cat-eye: Bingkai ini dapat memberikan beberapa sudut pada wajah oval, terutama jika wajahmu sedikit lebih sempit di bagian dagu daripada di dahi.

Wajah persegi

Kacamata hitam sebaiknya disesuaikan dengan gaya berbusana dan bentuk wajahKiuikson Kacamata hitam sebaiknya disesuaikan dengan gaya berbusana dan bentuk wajah
Bulat: "Meskipun bingkai persegi mungkin keren, bingkai bulat atau oval akan membantu memperhalus fitur sudut wajahmu," kata Howard. "Cobalah mencari bingkai yang sedikit lebih lebar dari tulang pipimu."

Oval: Bingkai ini memiliki efek serupa. “Kurva lembut membantu mengimbangi sudut kuat garis rahang persegi dan menciptakan keseimbangan,” kata James Firestein, pendiri dan CEO dari destinasi penjualan kembali desainer OpenLuxury.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com