Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2014, 17:37 WIB
Christina Andhika Setyanti

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com– Bau kaki dan bau sepatu merupakan “aib” penampilan yang sangat dihindari oleh para perempuan modern. Nah, ternyata aroma tak sedap pada sepatu berasal dari keringat dan kotoran yang tertinggal dan terendap di kaki.  

Keringat pada kaki tidak mudah menguap seperti keringat di telapak tangan. Ditambah lagi, bakteri dan kuman gemar mengumpul di tempat yang lembab dan gelap. Jadi, jangan heran jika sepatu (terutama yang tertutup) mudah sekali berbau.  Berikut ini langkah mudah mengilangkan bau dalap sepatu:

1. Baking powder
Selain bermanfaat untuk membuat kue dan merawat kulit, ternyata baking powder juga memiliki khasiat untuk menghilangkan aroma tak sedap di sepatu. Caranya, taburkan bubuk baking powder ke dalam sepatu setiap malam sebelum dikenakan di pagi hari. Saat akan mengenakan, tepuk-tepuk sepatu dulu untuk menghilangkan sisa bubuk yang tersisa dalam sepatu.

2. Dinginkan sepatu
Mendinginkan sepatu di dalam freezer, mungkin terdengar tidak masuk akal, namun ampuh melenyapkan bau tak sedap pada sepatu. Mulailah dengan membungkus sepatu menggunakan kantung plastik yang sudah diberikan lubang, lalu simpan dalam freezer semalaman. Suhu dingin dipercaya dapat membunuh bakteri dan jamur dalam sepatu.

Jika ingin menerapkan cara ini, pastikan freezer yang digunakan terpisah dari tempat menyimpan bahan makanan.

3. Bedak
Salah satu cara terbaik dan paling mudah yang bisa dilakukan untuk mencegah bau sepatu adalah menggunakan bedak tabur. Taburkan bedak ke dalam sepatu dan kaki sebelum memakai sepatu. Bedak akan mencegah timbulnya keringat berlebih dari kaki.

4. Garam
Garam juga adalah salah satu bahan yang bisa membantu menghilangkan bau sepatu. Tempatkan garam dalam plastik kemudian masukkan ke dalam sepatu semalaman.

Letakkan garam dalam plastik lalu simpan dalam sepatu hingga pagi. Garam dapat menyerap bau tidak sedap di sekitarnya.

5. Jemur di bawah sinar matahari
Sinar matahari akan membantu menghilangkan bau dalam sepatu.

6. Arang
Simpan arang dalam plastik transparan dan letakkan dalam sepatu selama satu jam. Hasilnya, sepatu akan terbebas dari sisa bau keringat pada kaki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com