Kompas.com - 04/04/2017, 20:08 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makan sehat saja ternyata tidak cukup. Anda harus makan sesuai dengan ritme alami tubuh atau ritme sirkadian.

Sebuah studi terbaru dari Harvard University menunjukkan bahwa, tidak peduli seberapa sehat Anda makan, jika waktu makan Anda tidak sesuai dengan ritme sirkadian, kadar gula darah Anda tetap bisa melompat hingga 18 persen lebih tinggi dari batas normal.

Jadi, kapankah sebenarnya waktu yang tepat bagi Anda untuk makan dan ngemil jika sedang dalam program menurunkan berat badan?

SARAPAN

Data dari National Weight Control Registry menyebutkan, hampir 80 persen dari orang-orang yang telah berhasil menurunkan berat hingga 13,5 Kg atau lebih, dilaporkan sarapan pada waktu yang teratur setiap hari.

Study dari jurnal Obesity tahun 2015 menemukan, bahwa mengonsumsi sarapan tinggi protein pada pukul enam sampai 9.45 pagi dapat mengurangi risiko kenaikan lemak tubuh dan mengurangi rasa lapar sepanjang hari, dibandingkan dengan mereka yang menunggu untuk sarapan setelah pukul 10.

Saya selalu menyarankan sarapan sehat dalam waktu satu jam setelah bangun,” kata Jim White, RD, juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Karena Anda bangun pagi dalam keadaan perut kosong, mengisi kembali cadangan glikogen dengan karbohidrat sehat seperti oatmeal tanpa gula, akan membuat Anda berenergi sepanjang hari, kata White.

NGEMIL PAGI

Sementara untuk camilan antara sarapan dengan makan siang, hukumnya tidak wajib, terutama jika sarapan Anda benar-benar berat atau Anda baru sarapan setelah pukul 09.45.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.