Kompas.com - 12/04/2017, 13:05 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Tingkat stres di seluruh dunia tampaknya merata dan terbilang tinggi. Ini bukanlah hal mengejutkan, jika kita melihat berbagai tuntutan di masa kini, mulai dari tuntutan prestasi di tempat kerja, mempertahankan kehidupan sosial, terlibat dalam politik, hingga tuntuntan menjaga tubuh ideal.

Tapi tak perlu resah, ada beberapa cara mudah untuk mengembalikan ketenangan hidup Anda. Berikut saran para ahli untuk menyingkirkan stres dan membuat hidup tenang.

Jangan makan sesuai perasaan

Anda adalah apa yang Anda makan. Jadi, menelan sepotong daging bersama rasa kesal di hati bukanlah awal yang baik untuk diri Anda.

Ada baiknya pilih pasta dari gandum utuh untuk dikonsumsi. Sebuah studi dalam Journal of Clinical & Experimental Research menunjukkan bahwa karbohidrat kompleks bisa meningkatkan serotonin, hormon yang bertanggungjawab menjaga keseimbangan mood.

Asupan vitamin juga bisa membantu menjaga kesegaran tubuh. Para peneliti di Universitas Alabama menemukan bahwa vitamin C memperlambat sekresi hormon stres.

Jangan merokok

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menghisap rokok akan membuat Anda semakin terpuruk, kata Profesor Cary Cooper, ahli kesehatan dari Universitas Lancaster.

“Para wanita punya kemampuan lebih baik mendapatkan dukungan dari lingkungan sosialnya, tapi pria saat stres umumnya akan memilih menyendiri sambil merokok,” ungkap Cooper.

Dewan penelitian tembakau di Eropa menemukan, bahwa nikotin ternyata menekan serotonin yang dapat melawan stres, sehingga justru meningkatkan kecemasan dan membuat dirinya merasa membutuhkan rokok lagi, lagi, dan lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.