Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2017, 10:03 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Alkohol memengaruhi pria dan wanita dengan cara yang berbeda. Menurut situs kesehatan WebMD, konsumsi alkohol menjadi bahaya jika dilakukan secara teratur, menjadi kebiasaan lebih dari sekadar sesekali minum dalam jumlah sedikit, misalnya di sebuah acara.

Perusahaan penyedia konten infografik, Visually, baru-baru ini melaporkan bahwa satu dari penyuka alkohol meminum minuman keras lebih dari satu takaran saji setiap hari.

Mereka juga mengatakan bahwa wanita yang punya pasangan pecandu alkohol, biasanya mengalami siksaan fisik dan seksual, mengalami depresi dan pada akhirnya berpikir bahwa mereka akan lebih baik jika ikut minum minuman keras.

Masih menurut Visually, ada beberapa alasan alkohol memengaruhi wanita dan pria dengan cara yang berbeda. Salah satunya adalah faktor berat badan wanita yang lebih ringan dari pria, sehingga lebih banyak persentase sel yang terpapar alkohol.

Selain itu, wanita juga memiliki jumlah enzim yang membantu memroses alkohol lebih sedikit dari pria. Ditambah lagi, pria memiliki lebih banyak air di dalam tubuhnya untuk membantu mencairkan substansi alkohol.

Pada wanita, alkohol dapat menyebabkan berbagai masalah seperti gangguan pola makan, depresi, penyalahgunaan narkoba dan kecemasan.

Tidak hanya itu, terlalu banyak konsumsi alkohol juga telah dikaitkan dengan meningkatnya risiko kanker payudara, gangguan hati, otak dan masalah jantung.

Sementara itu, pada pria, penyalahgunaan alkohol dapat menimbulkan masalah dalam hubungan personal dam sosial, pekerjaan dan membuat pelakunya lebih berisiko melanggar hukum.

Jika masalah memburuk, penyalahgunaan alkohol dapat meningkat menjadi ketergantungan alkohol, atau alkoholisme.

Menurut WebMD, alkoholisme adalah kecanduan fisik dan mental terhadap alkohol dan ini dapat didiagnosis oleh seorang profesional medis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.