Kompas.com - 05/06/2017, 19:08 WIB
Lngkar pinggang sanchairatLngkar pinggang
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

Lingkar perut bukan sekedar menentukan berapa ukuran celana yang bisa kita pakai, namun juga indikator sederhana tentang kesehatan kita.

Ukuran lingkar perut terkait dengan risiko seseorang terkena kanker dan penyakit lain seperti diabetes dan risiko penyakit jantung. Namun meski kita tahu akibat yang muncul karena perut besar, usaha agar ukuran itu tidak bertambah bukanlah perkara mudah.

Menjaga agar lingkar perut tetap normal memiliki banyak kendala. Dan kendala itu datang di setiap rentang usia seseorang. Untunglah solusi untuk mengatasinya juga ada dan lebih sederhana dari yang kita bayangkan.

Berikut tantangan yang dihadapi setiap rentang usia untuk mencegah munculnya timbunan lemak di sekitar perut dan bagaimana mengatasinya.

Umur 20an tahun

Masalah: Kehidupan Sosial

Gaya hidup yang super sibuk di usia 20an membuat seseorang tidak sempat memasak makanan sehat di rumahnya. Di usia ini kebanyakan orang juga senang bergaul dan memenuhi rasa lapar dengan jajan. Celakanya makanan yang terjangkau adalah jenis yang membuat perut kita cepat membesar, seperti mie instant, gorengan, atau nasi dalam jumlah yang banyak agar tetap kenyang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Solusi

Sering jajan membuat kita sulit mengatur nutrisi apa saja yang masuk ke tubuh kita. Ini membuat kita makan dalam jumlah berlebih, melebihi kalori yang kita perlukan. Akibatnya tubuh menjadi gemuk dengan cepat.

shironosov Makanan sehat
“Untuk menghindarinya, rencanakan makan Anda selama seminggu agar kita bisa mengatur dengan pasti apa yang kita makan,” ujar pelatih kebugaran personal Leo Savage seperti dikutip Fashionbeans.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.