Kompas.com - 06/06/2017, 10:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gawai kini bukan sekadar alat komunikasi, tapi juga hiburan dan edukasi untuk anak. Meski orangtua sudah membatasi situs yang aman dilihat anak, terkadang tanpa sengaja anak melihat tayangan tidak pantas dari gawai, salah satunya rekaman video yang menampilkan wanita tanpa busana berbelanja di apotek di Jakarta Barat.

Itu hanyalah salah satu contoh rekaman video atau gambar viral yang bukan untuk konsumsi anak tetapi mungkin juga dilihat anak-anak. Melihat sesuatu yang berbeda dan aneh, anak-anak pasti akan bertanya pada orangtua.

Psikolog Anak dan Keluarga, Anna Surti Ariani, M.Si atau akrab disapa Nina mengatakan, sudah menjadi naluri anak untuk menanyakan hal apapun yang baru ditemuinya. Sebagai orangtua kita dituntut untuk bisa menjawab dan menjelaskan pertanyaan anak dengan bijak dan benar.

Misalnya, ketika melihat video wanita telanjang tersebut mungkin anak akan bertanya "Kenapa sih, kok tante itu enggak pakai baju?".

Nina menyarankan agar orangtua tidak memberikan penjelasan bersifaat negatif dan menerangkan bahwa tidak memakai pakaian adalah suatu hal yang bisa membuat kita malu.

"Katakan saja, malu kalau enggak pakai baju, atau katakan saja mungkin tante enggak punya baju nak," kata Nina saat ditemui di sela acara Mudik Nyaman SGM untuk Bunda dan si Kecil di Jakarta, Senin (5/6/2017).

Jika anak Anda terus bertanya, alihkan perhatiannya ke suatu hal yang ia suka. Ajak anak untuk memikirkan hal-hal yang dia sukai dan ingin dimilikinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang pasti, jangan sampai kita memberi penjelasan bernada negatif, tujuannya supaya anak juga tidak selalu berfikiran negatif terhadap apa yang dilihatnya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.