Kompas.com - 08/06/2017, 04:00 WIB
Ilustrasi konsumsi susu. ThinkstockphotosIlustrasi konsumsi susu.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kandungan lemak yang tinggi dalam susu dianggap bisa menyebabkan berat badan bertambah. Karenanya, tak sedikit orang yang menghindari susu dengan alasan takut gemuk.

Ahli gizi Dr Marudut mengatakan, anggapan susu membuat gemuk adalah mitos. Dia mengutip sebuah penelitian yang menemukan susu bukan penyebab berat badan bertambah.

Penelitian itu memakai 46.000 responden dan menyebutkan bahwa mereka yang minum dua sampai empat gelas susu per hari, resiko obesitasnya 38 persen lebih rendah dibanding yang mengonsumsi susu lebih sedikit.

"Justru yang buat kita gemuk adalah makanan lain yang berlebih," kata Marudut kepada Kompas Lifestyle dalam acara diskusi yang diadakan Frisian Flag Indonesia di Jakarta Pusat, Rabu (7/6/2017).

Makanan dengan kandungan lemak, minyak dan kalori yang tinggi justru berdampak signifikan bagi kenaikan berat badan. Kendati demikian, Marudut tak menampik bila mengonsumsi susu berlebihan bisa membuat gemuk dan obesitas.

Prinsip tersebut sama seperti dengan mengonsumsi makanan berlebih. Lantas, berapa konsumsi ideal susu setiap hari? "Dua sampai tiga porsi per hari. Kalau porsi susu kan satu gelas 200-240 mililiter," ujarnya.

Dalam segelas susu terkandung nutrisi yang lengkap, itu sebabnya tak perlu takut mengonsumsi susu, selama jumlahnya tidak berlebihan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.