Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kondom Bisa Mencegah Penyakit Menular Seksual?

Kompas.com - 22/07/2017, 15:59 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kondom saat berhubungan seksual dianggap sebagai salah satu cara mencegah penyakit menular seksual. Kondom juga berfungsi untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Namun, seberapa efektif kah kondom untuk mencegah penyakit menular seksual?

Dr Andrie Ronggani, Sp OG (Obstetri dan Ginekologi), membenarkan bahwa penggunaan kondom secara konsisten sangat efektif untuk mencegah penyakit menular seksual. Apalagi, bagi mereka yang sering bergonta-ganti pasangan.

Namun, kata dokter yang praktek di RS Gading Pluit ini, efektivitas kondom tidak bekerja maksimal untuk mencegah penularan HIV.

"Untuk HIV (human immunodeficiency virus), (efektivitas kondom) dikatakan 80-90 persen oke. Sisanya masih beresiko tertular," kata Andrie saat seminar "Gonta-ganti Pasangan, Apa Resikonya?" yang digelar di Rumah Sakit Gading Pluit, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu (22/7/2017).

Baca: Tips Memilih Kondom Agar Bercinta Tetap Aman dan Nyaman

Kenapa fungsi kondom tidak maksimal untuk mencegah HIV? Ada beberapa teori yang mendukung kurang efektifnya kondom dalam mencegah penularan HIV, salah satunya dari Amerika Serikat yang melihat pori-pori pada kondom yang lebih besar daripada ukuran virus HIV.

Peneliti dari National Institutes of Health menguji butiran polystyrene bercahaya yang berukuran 110 nano meter (seukuran virus HIV) untuk dilewatkan pada kondom. Hasilnya terdeteksi adanya bocoran-bocoran yang bisa dilalui butiran tersebut pada 29 dari 89 kondom yang diuji.

Ini adalah kasus kebocoran kondom yang bisa menimbulkan masalah kesehatan karena lolosnya partikel seukuran virus HIV. Namun para peneliti menegaskan, penggunaan kondom tetap memberi perlindungan sepuluh kali lebih baik daripada tidak menggunakan sama sekali. Artinya kondom bisa mengurangi kemungkinan tertularnya HIV meski tidak mencegahnya seratus persen.

Nah, untuk mencegah agar tidak tertular, selain pemakaian kondom, maka seseorang harus memperhatikan beberapa aspek. Mulai dari tidak melakukan seks bebas, berganti-ganti pasangan seksual, hingga penggunaan jarum suntik untuk narkoba.

Baca: Mengenal Bentuk dan Fitur Kondom Kekinian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com