Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2017, 07:59 WIB
Kahfi Dirga Cahya

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan wajah adalah bagian penting dari kebersihan kulit. Manfaat yang bisa didapatkan dengan rajin membersihkan wajah adalah kulit menjadi cerah dan bersih.

Namun, kesadaran membersihkan muka tidak sepenuhnya dimiliki pria. Dr Srie Prihianti Gondokaryono, SpKK, PhD, mengatakan kesadaran pria Indonesia sudah mulai mengalami peningkatan, tapi masih banyak yang membersihkan wajah secara kurang tepat.

Kesalahan pertama yakni tidak mau repot, kata Srie. “Kadang-kadang kalau cuci muka sama saja pakai sabun mandi,” kata Srie di acara peluncuran sabun muka cair Nivea Men di Jakarta, Selasa (5/9/2017).

Padahal, kata Srie, kulit wajah dan tubuh memiliki perbedaan. Misalnya, kulit wajah berminyak, sementara kulit di bagian lain kering. “Kalau wajah berminyak pakai facial wash berminyak, bukan sabun mandi yang untuk badan kering,” kata dia.

Kesalahan lain adalah kesadaran untuk memenuhi perawatan dasar untuk kulit yang sesuai dengan jenis kulitnya. Kebanyakan pria tidak mengetahui jenis kulitnya sehingga sering salah memilih produk yang tepat.

Setelah wajah dibersihkan, kulit juga perlu dilembabkan dan dilindungi dengan penggunaan tabir surya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com