Kompas.com - 13/09/2017, 12:05 WIB
Ilustrasi pria kurus Usercce650b4_975Ilustrasi pria kurus
Penulis Wisnubrata
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Selama ini ketika ada pasangan yang sedang mengusahakan kehamilan, biasanya hanya calon ibu yang diminta untuk menjaga berat badan ideal. Pasalnya, berat badan ibu sebelum dan selama kehamilan memang dapat menentukan kesehatan calon bayi.

Tapi tahukah Anda bahwa para calon ayah juga seharusnya menjaga berat badan ideal? Berat badan tak cuma memengaruhi penampilan dan kepercayaan diri pria. Tubuh yang terlalu kurus juga bisa bikin pria tidak subur. Kenapa?

Banyak orang menyepelekan pentingnya menjaga berat badan ideal. Padahal, berat badan setiap orang sebenarnya mewakili kondisi kesehatan tubuh. Sedangkan agar punya anak, baik calon ibu dan calon ayah harus sama-sama memiliki kesehatan yang prima.

Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa bukan cuma obesitas (kelebihan berat badan) yang bisa membuat wanita atau pria tidak subur. Kekurangan berat badan juga bisa bikin pria sulit punya anak.

Baca juga: Jumlah Sperma Pria Modern Makin Sedikit

Dalam sebuah di Skotlandia, dilaporkan bahwa pria yang terlalu kurus akan lebih sulit punya anak dibandingkan yang memiliki berat badan ideal. Penelitian ini melibatkan lebih dari dua ribu pria yang menjalani program hamil di klinik kesuburan Aberdeen Facility Centre, Skotlandia.

Mengapa badan yang terlalu kurus bikin pria tidak subur?

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut penelitian, pria dengan berat badan di bawah BMI (body mass index atau indeks massa tubuh ideal manusia) memiliki jumlah dan kualitas sperma yang lebih rendah daripada pria yang berat badannya sesuai dengan BMI.

Padahal, untuk meningkatkan peluang kehamilan pasangan, pria harus memiliki sel-sel sperma yang sehat dan berkualitas. Kualitas sperma sendiri bisa dinilai salah satunya oleh kecepatan pergerakan (motility) sperma.

Ini penting supaya di dalam tubuh wanita, sperma bisa segera menuju sel telur dan melakukan pembuahan. Selain itu, jumlah sperma yang cukup juga akan membantu agar pasangan Anda cepat hamil.

Baca juga: Ketika Pria Tak Mampu Membuat Hamil Istrinya

Agar sel sperma tetap berkualitas dan jumlahnya cukup, pria harus memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Nah, kalau berat badan Anda di bawah BMI, berarti asupan nutrisi Anda tidak seimbang atau bahkan kurang.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X