Kompas.com - 19/10/2017, 13:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com - Jika anda sering merasa lemas dan lemah, bisa jadi ada masalah serius dengan kesehatan anda. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena hal medis atau Anda yang terlalu lelah.

Segera konsultasi dengan dokter untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Setelah itu, Anda bisa mencoba tips sederhana ini di rumah untuk mengusir sakit kepala dan mengembalikan keseimbangan tubuh anda, berikut tips tersebut :

1. Minum Air Putih Sebelum Makan

70 persen tubuh kita terdiri dari cairan. Inilah mengapa kita membutuhkan banyak minum air setiap harinya. Penelitian dari The Harvard Health Letter menyebutkan bahwa tekanan darah akan menurun saat kita sedang makan, inilah yang menjadi penyebab megapa kita merasa pusing. Kondisi ini disebut dengan postprandial dimana bisa kita atasi dengan meminum segelas air putih 15 menit sebelum makan.

Baca juga: 8 Manfaat Minum Air Setelah Bangun Tidur

2. Hindari Mandi dengan Air Panas

Kebanyakan orang lebih menyukai mandi dengan air panas daripada air dingin. Padahal, mandi dengan air panas bisa mengakibatkan pergeseran hormon yang menyebabkan munculnya sakit kepala. Wanita hamil rentan mengalami pergeseran hormon karena suhu tinggi ini.

Berdasarkan laporan dari The Mayo Clinic Guide to a Healthy Pregnancy, pergeseran hormon tersebut mengakibatkan pembuluh darah melebar dan mengendur sehingga aliran darah menuju bayi juga meningkat. Akibatnya, wanita hamil akan sering merasa pusing. Untuk menjaga tekanan darah stabil, hindarilah mandi dengan air panas dan gunakanlah air hangat atau yang mendekati suhu tubuh.

Baca juga: 5 Kesalahan Mandi yang Sering Dilakukan Pria

3. Minum Teh Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat yang mengejutkan. Studi yang dilakukan oleh Brigham Young University dan Mount Union College, Ohio, menunjukan bahwa bubuk jahe lebih baik daripada dramamin (tablet untuk mengobati mual karena vertigo atau kondisi lainnya) dalam mengobati mual dan pusing karena mabuk laut.

Untuk mengobati sakit kepala yang melanda, cobalah mencampurkan setengah sendok teh bubuk jahe ke dalam secangkir teh atau air panas. Efeknya akan terasa dalam 30 menit dan bertahan hingga empat jam.

Baca juga: Benarkah Jeruk Nipis dan Kecap Ampuh Atasi Batuk?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X