Kompas.com - 14/11/2017, 10:00 WIB
Pulau Banda ShutterstockPulau Banda
|
EditorLusia Kus Anna

SABANG, KOMPAS.com - Diving atau menyelam merupakan salah satu kegiatan yang kini makin populer. Banyak orang tertarik untuk menyelam setelah melihat foto-foto liburan teman yang asyik menjelajahi dunia bawah air. Walau begitu, diving sebenarnya adalah olahraga menantang.

Perlu pelatihan khusus untuk melakukan olahraga ekstrim ini agar tak berakibat fatal. Kendati sudah memegang titel sebagai penyelam, tak sedikit yang melakukan kesalahan.

Dive Master Aceh Diving Community, Teuku Indra Patra mengatakan para penyelam tak boleh melakukan kesalahan sedikit pun, termasuk wajib sudah beristirahat cukup sebelum menyelam. Tak sedikit penyelam yang mengabaikan syarat ini, sehingga membuat tubuh mereka bermasalah--seperti pendarahan dari hidung.

"Harus istirahat cukup sebelum aktivitas, minimal lima jam tidur," kata pria yang akrab disapa Pipi kepada Kompas Lifestyle, di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam, Senin (13/11/2017).

Selain itu, para penyelam kerap melupakan penyegaran. Aktivitas selama 15 menit ini perlu dilakukan untuk beberapa penyelam yang sudah berbulan-bulan tak menyelam.

Saat menyelam, kesalahan lain adalah meninggalkan tim. Menurut Pipi, setiap penyelam setidaknya harus tandem dengan satu penyelam lain.

Diving di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.Rizwandi Diving di Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam.
"Tandem itu berfungsi untuk memerhatikan alat, saling menjaga satu sama lain. Kalau oksigen kita ada apa-apa, kan kita enggak tahu, yang tahu teman kita," kata Pipi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kesalahan lain adalah boros pernapasan karena terlalu cepat bernapas. Akibatnya akan sulit tenggelam dan persediaan oksigen yang cepat habis.

"Kalau tabung penuh berisi 200-220 bar. Untuk kedalaman 15 meter, akan habis 40 menit bila pernapasan normal. Sementara kalau nafas cepat, sekitar 25-30 menit," katanya.

Sebelum menyelam di laut, kita juga disarankan untuk banyak berlatih. Semakin sering berlatih, kita pun akan semakin nyaman di bawah air. Dengan begitu, kita pun lebih tenang dan tidak mudah panik saat menyelam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.