Kompas.com - 08/12/2017, 19:00 WIB
. THINKSTOCK.
|
EditorGlori K. Wadrianto

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda pasti sudah tahu manfaat besar mengonsumsi susu cokelat setelah berolahraga.

Namun, ada makanan lain yang juga memiliki manfaat serupa—bahkan ada benefit tambahan—yakni yogurt.

Ahli nutrisi Emilia Achmadi mengatakan latihan yang dilakukan olahragawan mungkin tergolong "ekstra", sehingga meningkatkan stress level lebih tinggi dibandingkan orang biasa.

Saat berlatih, mereka akan memproduksi kortisol lebih banyak yang merusak pecernaan.

Baca juga : Yogurt bagi Penderita Maag, Kenapa Tidak?

“Dengan memasukan yogurt, maka mengembalikan keseimbangan,” kata Emilia kepada Kompas Lifestyle di Jakarta, Kamis (7/12/2017).

Pengembalian keseimbangan lantaran ada peran kultur aktif probiotik dan prebiotik. Untuk fungsi lain hampir sama seperti susu cokelat yakni pemulihan setelah latihan.

“Setelah latihan ada jendela waktu 45 menit yang bisa kita masukan sumber protein dan gula berkualitas, sehingga recovery untuk next session itu terjadi,” kata Emilia.

Yogurt juga dianggap cocok karena penyajian yang terbilang mudah. Cukup sekitar 125 gram pasca latihan, maka pemulihan akan cepat dan tepat.

“Untuk atlet saya lebih suka flavour (berasa) dibanding plain, karena memang ada sedikit gula dan bagus buat atlet,” kata dia.

Baca juga : Yoghurt Dengan Aneka Rasa, Bagaimana Nilai Gizinya?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X