Kompas.com - 09/01/2018, 09:29 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Jika peritel busana H&M digempur warganet karena sweater bertulis "Coolest Monkey in the Jungle", gelombang kritik serupa juga dialami merek produk fesyen Marks & Spencer.

Koleksi pakaian yang dikategorikan dalam "modest fashion" untuk perempuan yang menjadi sasaran kritik. 

Baca juga: Tulisan di Sweater Bocah Kulit Hitam Disebut Rasial, H&M Minta Maaf

M&S menampilkan sejumlah produk dalam kategori "modest fashion" dengan tampilan berupa pakaian panjang atau pun pakaian berleher tinggi menutup dada. Juga, celana panjang yang menutup hingga mata kaki.

Seperti diberitakan laman Independent, M&S menyebut koleksi tersebut telah dipasarkan sejak bulan Oktober 2017 lalu, namun baru menjadi pergunjungan saat ini.  

Interpretasi dari "modest fashion" memang bervariasi dan tentu berbeda antar budaya dan negara.

Selain itu, tentu tidak ada interpretasi yang tidak ambigu, sebab segalanya akan sangat dipengaruhi oleh karakteristik sosial budaya di masing-masing negara.

Namun pengertian yang selama ini dikenal dalam "modest fashion" bukanlah pakaian panjang yang menutup sebagian besar tubuh.

Pakaian jenis ini relatif lebih terbuka dan memamerkan sejumlah bagian tubuh.  Sehingga, apa yang dilakukan M&S dinilai keliru dan mendatangkan implikasi lain.

Sejumlah pihak menilai, koleksi busana M&S itu ditujukan untuk menggaet para perempuan yang ingin berbusana secara tertutup, -baik karena alasan kepercayaan atau pertimbangan lainnya.

Nah, pada bagian inilah penamaan "modest fashion" menuai kritik. Mereka yang keberatan menganggap perempuan yang tidak mengenakan busana tersebut bukan "modest fashion".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.