Kompas.com - 18/01/2018, 19:00 WIB
Ayah ibu olahraga bersama anak HalfpointAyah ibu olahraga bersama anak
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak sedikit penelitian yang menyimpulkan bahwa menikah membuat kita lebih sehat. Memiliki pasangan tempat berbagi suka dan duka sudah pasti membuat kita terhindar dari kesepian. Kita pun jadi lebih termotivasi untuk lebih rajin berolahraga dan menjaga kesehatan setelah berkeluarga.

Namun, bukan itu saja manfaat positif dari pernikahan yang berdampak bagi kesehatan. Berikut indikator kesehatan yang akan Kamu dapatkan bila memilih untuk menikah, tentunya dengan orang yang tepat.

1. Menurunkan risiko demensia

Bermain catur, mengisi TTS, berkebun hingga mengurangi waktu duduk merupakan kebiasaan yang dapat menurunkan risiko demensia (penyakit penurunan kemampuan kognitif). 

Tapi, Kamu bisa menurunkan risiko demensia secara signifikan bila memutuskan menikah. Sebuah studi menunjukkan pria dan perempuan yang menikah memiliki risiko 43 persen lebih rendah terkena alzheimer.

2. Tekanan darah membaik

Sudah jadi rahasia umum bila penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu di Indonesia, bahkan secara global. Risiko terkena penyakit mematikan ini ternyata akan berkurang jika kita menikah. Salah satu penyebabnya karena tekanan darah kita relatif tidak tinggi saat sudah berpasangan.

3. Kehidupan seks lebih memuaskan

Hubungan seks pasangan suami istri memang tak melulu menyala-nyala, tapi akan jauh lebih baik daripada memilih untuk sendiri. Menurut survei, orang yang menikah merasa lebih puas dengan kehidupan seksualnya dibanding para lajang. Hubungan seks yang dilandasi cinta dan hasrat untuk memuaskan pasangannya diketahui akan membuat aliran darah lebih lancar dan hormon stres berkurang.

4. Mengurangi stres

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
RECIPES
SUP PANGSIT
SUP PANGSIT
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X