Kompas.com - 31/01/2018, 05:30 WIB
Ilustrasi cucu bermain dengan kakek Top Photo CorporationIlustrasi cucu bermain dengan kakek
|
EditorWisnubrata

KOMPAS.com -Tahukah kamu, apa pekerjaan kakekmu waktu masih muda? Atau bagaimana ia bertemu dengan nenekmu? Beruntunglah bila kamu tahu dan mendengarnya langsung dari mereka.

Pasalnya, generasi muda sekarang mungkin tidak lagi punya waktu untuk mendengarkan cerita orang tua di masa lalu. Inilah yang membuat kakek dan nenek mereka menjadi generasi yang terlupakan.

Sebuah riset terhadap 1.000 anak berusia 5 sampai 18 tahun mengungkapkan bahwa hanya 21 persen dari mereka yang mengunjungi keluarga yang lebih tua untuk mendengar bagaimana perbedaan kehidupan mereka di masa lalu, seperti di mana mereka bekerja, bagaimana ia hidup dalam perang, dan bagaimana mereka menjalani kehidupannya.

Lebih dari separuh peserta dalam riset tersebut tidak tahu pekerjaan apa yang dilakukan kakek mereka sebelum pensiun, dan mereka juga mengakui bahwa mereka tidak pernah berpikir untuk menanyakannya.

Yang lebih parah lagi, satu dari 10 orang mengaku bahwa mereka sama sekali tidak tertarik dengan pekerjaan atau talenta serta minat kakek atau nenek mereka.

Bahkan, seperempat peserta dalam riset mengaku bahwa mereka tertarik mengunjungi kakek dan neneknya hanya untuk mencari uang saku.

Tapi, 23 persen peserta riset mengklaim bahwa alasan mereka tidak tahu apa-apa tentang keluarga yang lebih tua adalah karena mereka benar-benar tidak mendapat kesempatan untuk ngobrol bersama.

Geoff Bates, juru bicara McCarthy & Stone, sebuah perusahaan di Inggris yang mengelola rumah bagi para pesiunan, mengatakan bahwa generasi 'tua' tersebut telah menjalani kehidupan penuh dengan kisah-kisah heroik untuk diceritakan. Sayangnya, generasi masa kini tak tertarik dengan kisah mereka.

Baca :Masa Remaja Jaman Now Dimulai Usia 10 Tahun Hingga 24 Tahun

"Kami ingin menyampaikan prestasi menakjubkan para pensiunan ini yang dicapai seumur hidup mereka dan menyoroti kehidupan orang-orang tua yang sangat penuh warna," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X