Mau Liburan Ala "Influencer" Kondang Instagram? Berapa Biayanya?

Kompas.com - 02/02/2018, 19:30 WIB
https://nypost.com/2018/02/01/this-is-what-it-actually-costs-to-travel-like-an-influencer/ beer5020https://nypost.com/2018/02/01/this-is-what-it-actually-costs-to-travel-like-an-influencer/
|
EditorGlori K. Wadrianto

KOMPAS.com - Melihat foto perjalanan yang dibagikan oleh para influencer di akun Instagram, mungkin bisa membuat kita iri.

Sayangnya pula, bisa berkelana ke berbagai tempat menawan seperti yang mereka rasanya, --sepertinya, terlalu indah untuk menjadi nyata.

Layanan penginapan MoveHub baru-baru ini melakukan survei mengenai perkiraan biaya liburan dari lima akun traveller yang memiliki pengikut terbanyak.

Ternyata, biaya liburan yang layak mendapat julukan "instagramable" tersebut menghabiskan biaya 60 kali lebih besar, dari biaya rata-rata liburan orang di Amerika Serikat.

Jika kita ingin menikmati liburan seperti yang mereka lakukan, dibutuhkan uang hingga 58.000 dolar atau sekitar Rp 779 juta.

Untuk mempelajari fenomena travelling ala influencer  Instagram ini, Emma Goigh-Morgan dari MoveHub mempelajari umpan dari influencer seperti Jack Morris yang memiliki lebih dari 2,7 juta pengikut.

Dengan meneliti foto-foto perjalanan Jack Morris, -saat berada di Antwerp dan Belgia, Leigh-Morgan memperkirakan, total biaya bisa mencapai lebih dari 8.000 dolar AS atau sekitar Rp 107,5 juta.

Angka itu sudah termasuk biaya penerbangan satu arah, delapan hari perjalanan mewah, dan biaya asuransi perjalanan.

Namun, harga "mahal" tersebut belum termasuk biaya restoran dan akomodasi mewah serta biaya kamera profesional.

Leigh-Morgan memperkirakan, diperlukan biaya sampai 58.000 dolar AS atau Rp 779 juta untuk bisa bepergian dua bulan, seperti Jack Morris.

Berdasarkan laporan Businer Insider, para influencer Instagram tersebut medapatkan fasilitas gratis selama perjalanannya.

Selain itu, mereka juga mendapatkan bayaran hingga 20.000 dolar AS, atau sekitar Rp 269 juta untuk satu unggahan.

Menurut Leigh-Morgan, setiap foto yang di-posting oleh para influencer tersebut harus dilihat sebagai iklan dari merek yang mereka wakili, dan bukan foto perjalanan yang otentik.

Leigh-Morgan juga lantas menyarankan agar kita tak perlu merasa iri hati dengan foto-foto dalam akun Instagram influencer tersebut.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber nypost.com
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X