Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Korea Selatan, Pria Juga Butuh Tampil "Cantik"

Kompas.com - 09/02/2018, 07:10 WIB
Lusia Kus Anna

Penulis

KOMPAS.com - Korea Selatan layak dinobatkan sebagai ibu kota produk kecantikan dunia. Bukan hanya wanita yang dimanjakan dengan luasnya variasi produk kosmetik, tersedia juga berbagai pilihan make up khusus pria.

Pria di Korea Selatan membelanjakan uangnya untuk produk perawatan kecantikan lebih banyak dari pria lain di bumi ini.

Menurut data, rata-rata pria Korsel menghabiskan uang sekitar 400 ribu rupiah untuk membeli kosmetik. Jumlah itu mungkin terkesan sedikit, tapi bandingkan dengan pria dari negara lain yang kurang lebih mengeluarkan uang sekitar 50 ribu rupiah.

Terinspirasi oleh idola mereka, para penyanyi dan pemain film, para pria muda mulai lebih peduli untuk merawat kulit mereka demi mendapatkan wajah yang ideal.

"Para bintang K-pop itu memakai eyeliner dan lipstik yang dulunya dianggap hanya bisa dipakai wanita. Banyak pria yang ingin terlihat seperti idola mereka. Ini berpengaruh pada industri make up," kata Han Hyun-jae, seorang make-up artist, dalam wawancara dengan BBC.

Memakai kosmetik juga dipercaya bisa mendongkrak kepercayaan diri mereka.

"Saya ingin menarik wanita, dan saya merasa tidak bisa mendapat kencan yang saya suka tanpa memakai make up. Lebih mudah menarik wanita kalau kita percaya diri," kata pria berusia 26 tahun yang dikutip dari Fairfax Media.

(Baca juga: 9 Jenis Perawatan Kulit yang Wajib Dilakukan Pria)

Seorang mahasiswa hukum, Back Do-hyun mengatakan, calon karyawan laki-laki juga memakai make up saat akan melakukan wawancara kerja.

"Saya ingin mendapat kesan yang baik dan terlihat tampan. Saya mengandalkan foundation untuk menutupi noda di wajah dan itu membuat saya terlihat natural. Jadi lebih percaya diri," kata Do-hyun kepada Sydney Morning Herald.

Jika kosmetik standar pria di negara lain masih terbatas pada krim cukur atau sabun muka, rekan mereka di Korea Selatan membutuhkan lebih dari itu untuk merawat kulitnya.

Produk kosmetik yang paling dicari pria adalah produk untuk membuat kulit terlihat lebih halus, mulai dari toner, losion, BB cream, dan foundation (alas bedak).

Bukan hanya itu, para pria di Korea Selatan juga dengan mudah belajar merias diri dari video tutorial di Youtube. Beauty vlogger pria itu dengan terampil menampilkan cara membuat alis, shadding, hingga menutupi vlek kehitaman di wajah dengan concealer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com