Kenali Keringat Berlebih, Apakah Tanda Penyakit Sistemik?

Kompas.com - 13/02/2018, 10:30 WIB
. VIA THINKSTOCK.

KOMPAS.com - Kita pasti mengharapkan keluarnya keringat saat sedang berolahraga. Tapi, bagaimana jika keringat tiba-tiba keluar saat kita tidak melakukan aktivitas berat?

Misalnya, keringat mengucur saat duduk atau berjalan dari meja kerja ke meja lain.

Pendiri Medical Offices of Manhattan Robert Segal mengatakan bekeringat, saat aktivitas berat, merupakan cara tubuh agar tak terlalu panas.

Suhu tubuh akan tetap berada normal, 37 derajat celcius, yang akhirnya membantu menjaga keseimbangan hormon dan cairan tubuh.

Jumlah keringat bergantung pada jenis "beban" yang dihadapi tubuh.

Kenapa saat berlari keringat lebih banyak keluar daripada saat kita berjalan?

Hal itu, kata Segal, lantaran suhu tubuh saat berlari—energi lebih banyak digunakan—akan naik lebih cepat. Karena itu, badan perlu mendinginkan suhu untuk menjaga suhu normal, dengan keluarnya keringat.

Baca juga: Misteri Keringat Darah, Apa yang Sebenarnya Terjadi?

Masalahnya, bagaimana kalau keringat mengucur deras tanpa ada aktivitas berat?

Menurut Dermatolog Lance Brown, kondisi itu merupakan tanda hiperhidrosis, kondisi umum yang ditandai dengan keringat berlebihan.

Ada dua jenis hiperhidrosis. Pertama, Fibrohidrosis fokal primer, jenis ini paling banyak terlihat, dan terjadi pada orang-orang yang umumnya sehat.

Biasanya orang-orang yang mengalami kondisi ini berkeringat berlebih di telapak tangan, telapak kaki dan ketiak—di mana ada sejumlah kelenjar keringat yang lebih tinggi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber menshealth
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X