Kompas.com - 20/02/2018, 15:48 WIB
Ilustrasi tidur nyenyak BavorndejIlustrasi tidur nyenyak

KOMPAS.com - Posisi kita saat tidur ternyata memiliki pengaruh yang besar bagi tubuh. Posisi tidur bisa mengungkapkan tingkat stres, kenyamanan dengan pasangan, dan bahkan tipe kepribadian.

Kini para ahli juga menemukan bahwa posisi tidur juga berpengaruh pada mimpi. Kebanyakan orang cenderung tidur dengan cara yang sama setiap malam.

Tidur adalah kebiasaan, sama seperti rutinitas lainnya. Jadi, tergantung pada posisi mana kita biasa tidur, ada kemungkinan hal tersebut juga mempengaruhi mimpi kita.

Riset tahun 2004 yang diterbitkan dalam the journal Sleep and Hypnosis mengungkapkan, mereka yang tidur di sisi kiri jauh lebih mungkin memiliki mimpi buruk daripada orang-orang yang tidur di sisi kanan.

Baca juga : Ingin Sehat? Tidurlah Menghadap Kiri, Jangan ke Kanan

Selain itu, mereka yang tidur di sisi kanan cenderung memiliki mimpi yang berkaitan dengan kelegaan atau keamanan.

Uniknya, riset tersebut juga mengungkapkan, mereka yang bermimpi buruk tidur lebih nyenyak daripada mereka yang menikmati mimpinya.

Dengan kata lain, mereka yang tidur di posisi kiri memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Namun, menurut sebuah penelitian di tahun 2012 yang dipublikasikan dalam the journal Dreaming, mereka yang tidur dalam posisi tengkurap mengaku lebih banyak mendapat mimpi erotis, daripada yang tidur di posisi lain.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Hong Kong Shue Yan University, peserta riset yang tidur di "posisi rawan" - seperti posisi tengkurap - melaporkan tingkat tertinggi dari mimpi yang jelas, intens, dan seksual.

Sayangnya, tidur dalam posisi tengkurap adalah posisi tidur paling buruk. Tidur tengkurap dapat memberi tekanan yang tidak semestinya pada tulang belakang dan leher, menyebabkan kulitas tidur berkurang, dan bahkan potensi rasa sakit.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X