Kompas.com - 27/02/2018, 17:30 WIB
Tas multifungsi hasil olahan botol plastik ditunjukkan ada peluncuran program Plastic Reborn oleh Coca Cola di 100 Eatery, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2018) KOMPAS.com/Nabilla TashandraTas multifungsi hasil olahan botol plastik ditunjukkan ada peluncuran program Plastic Reborn oleh Coca Cola di 100 Eatery, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com - "Lima ton botol plastik bisa jadi 5.000 tas dari 10.000 keping plastik."

Demikian kata Ratri Wuryandari, Chief Executive Officer Ancora Foundation sambil memperkenalkan produk tas multifungsi hasil olahan botol plastik.

Inisiatif tersebut digagas Coca-Cola Foundation, Ancora Foundation dan didukung Waste4Change, dan Greeneration Indonesia lewat program "Plastic Reborn".

Tas berbentuk persegi panjang seperti buku tersebut memiliki logo botol warna merah pada bagian depan yang dibalut dengan bahan kulit berwarna cokelat.

Pada bagian dalam, terdapat sejumlah kantong kecil dengan fungsi yang bermacam-macam. Seperti kantong menaruh notebook, pulpen, kartu, dan lainnya.

Baca juga: Sukses Daur Ulang Kemasan Produk, The Body Shop Indonesia Dapat Penghargaan

Siapa sangka, ternyata olahan botol plastik yang dimaksud adalah untuk membuat tas multifungsi itu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebab, secara sekilas tas tersebut seperti tas biasa yang ditemukan di toko-toko dan berbahan dasar kain.

Ternyata, pada setiap tas terdapat dua keping olahan botol plastik yang menjadi rangka tas.

"Jadi rangkanya dari botol. Ini (lapisan luar) tetap dari bahan-bahan. Satu tas ada dua rangka," kata Ratri.

Public Affairs and Community Manager Coca Cola Indonesia, Andrew Hallatu menjelaskan bahwa program "Plastic Reborn" pada dasarnya berawal dari komitmen mengelola sampah.

Tas multifungsi hasil olahan botol plastik ditunjukkan ada peluncuran program Plastic Reborn oleh Coca Cola di 100 Eatery, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2018)KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Tas multifungsi hasil olahan botol plastik ditunjukkan ada peluncuran program Plastic Reborn oleh Coca Cola di 100 Eatery, Senayan, Jakarta, Selasa (27/2/2018)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X