Kompas.com - 28/02/2018, 17:10 WIB
Ilustrasi teh olgakrIlustrasi teh

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara semakin banyak jenis minuman di dunia, teh masih dianggap menjadi salah satu minuman terbaik dengan beragam khasiat.

Baca juga: Yuk, Minum Teh demi Turunkan Berat Badan

Kendati demikian, masih banyak yang menyeduh teh secara asal-asalan. Bahkan, banyak pula yang memilih konsumsi teh kemasan karena dianggap lebih praktis dan menyegarkan.

"Perlu promosi sepanjang waktu agar generasi muda paham persoalan, manfaat minum teh, dan cara buat teh, sehingga dia bisa menikmati dengan baik."

Demikian dikatakan Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito saat ditemui di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

Kepala Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc (paling kiri), Founder Progress Jogja Retnosyari, Founder Iki Koue Laura Wiramihardja dan Karina Kumarga, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan UGM Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, serta Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani (paling kanan ke kiri) seusai acara diskusi di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Kepala Pusat Studi Pangan dan Gizi UGM Prof. Dr. Ir. Umar Santoso, M.Sc (paling kiri), Founder Progress Jogja Retnosyari, Founder Iki Koue Laura Wiramihardja dan Karina Kumarga, Guru Besar Ilmu dan Teknologi Pangan UGM Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, serta Dekan Fakultas Teknologi Pertanian UGM Prof. Dr. Ir. Eni Harmayani (paling kanan ke kiri) seusai acara diskusi di Jakarta Creative Hub, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2018).

Murdijati kemudian menjabarkan cara menyeduh teh yang baik dan tepat. Menurut dia, setiap 3,5 gram teh diseduh dengan 150ml air mendidih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Teh yang sudah diseduh belum bisa langsung dinikmati. Kita perlu bersabar dan mendiamkannya, sekitar lima menit.

Murdijati menjelaskan, pada saat itu sari yang terekstrak dari teh akan keluar secara maksimal dan khasiatnya pun bisa kita dapatkan.

Teh dalam kondisi seperti itu, menurut dia, memiliki kualitas yang sangat baik bagi kesehatan, karena kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Terutama teh hijau.

Baca juga: Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol?

Ia juga menyarankan agar teh dinikmati secara bening atau tanpa ditambahkan gula.

Sebab, kebanyakan orang Indonesia sudah terlalu banyak mengkonsumsi gula dalam kesehariannya. Sehingga, penting untuk mengurangi konsumsi gula.

Konsumsi gula berlebih bisa mengundang penyakit, salah satunya diabetes.

"Sebaiknya minum teh gulanya jangan terlalu banyak atau kalau bisa tanpa gula. Sehingga aroma tehnya begitu terasa," tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.