Setelah Mulai Diet, Kapan Berat Badan Akan Turun?

Kompas.com - 22/03/2018, 12:11 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan vadimguzhvaIlustrasi menimbang berat badan
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan, mungkin bertanya-tanya kapan berat badan bisa turun? Kapan IMT (indeks massa tubuh) bisa masuk dalam kategori ideal?

Sayangnya, tidak ada jawaban yang pasti mengenai seberapa cepat berat badan turun akan terlihat. Menurut Robbie Clark, seorang ahli gizi olahraga, tidak ada perhitungan pasti mengenai hal ini. Sebab setiap orang berbeda-beda, termasuk respon tubuh mereka terhadap olahraga yang dilakukan.

Kecepatan metabolisme orang juga berbeda-beda sehingga sulit membuat patokan berapa cepat harusnya berat badan itu turun.

Beberapa orang yang sudah mulai berolahraga rutin 3 kali seminggu dan membatasi kalori mungkin bisa kehilangan 1 kilogram dalam 1,5 hingga 2 minggu setelah mulai diet. Namun, banyak juga yang tidak seperti ini, sehinggga ukuran ini tidak bisa dijadikan patokan.

Sebenarnya, penurunan berat badan yang ideal setiap minggu berkisar antara 0,5 sampai 1,5 kilogram. Jadi dalam waktu sebulan, diharapkan berat badan turun 2-5 kilogram.

Tidak disarankan untuk langsung menurunkan berat badan secara ekstrem, misalnya 10 hingga 20 kilogram per bulan. Ini justru akan berdampak buruk bagi kesehatan.

Baca juga : Diet Selalu Gagal? Salahkan 4 Bahan Makanan Ini

Beberapa faktor yang memengaruhi seberapa cepat perubahan akan terjadi

1. Faktor olahraga

Orang yang sama-sama melakukan olahraga 3 kali seminggu belum tentu mengalami penurunan berat badan yang sama persis. Ini semua tergantung durasinya tiap latihan, intensitas latihan, dan juga jenis latihan olahraga yang dilakukan. Maka dari itu, olahraga sulit dijadikan penentuan seberapa cepat berat badan turun.

2. Faktor biologis

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X