Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/03/2018, 05:15 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com — Siapa yang mau kena serangan penyakit? Tentu tidak ada. Ya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaganya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa kita coba.

1. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu kita menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut sebuah peercobaan yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Dalam penelitian ini, tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau mengalami penurunan protein permukaan sel 70-80 persen.

Baca juga: Tubuh Pria Penyuka Sayuran Lebih Wangi

2. Konsumsi vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Kita juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol) karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

Baca juga : Vitamin yang Dibutuhkan agar Mr P Bekerja Optimal

3. Olahraga rutin

Tetap aktif dengan melakukan olahraga secara rutin. Kita bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti berjalan kaki. Olahraga dengan teratur bisa membuat bugar dan sehat.

Selain itu, sebuah penelitian membuktikan bahwa olahraga teratur dapat mencegah peradangan dan penyakit kronis, mengurangi stres, serta mempercepat peredaran sel darah putih dalam melawan penyakit.

Baca juga: Olahraga Kardio dan 10 Manfaat Ajaibnya bagi Tubuh

4. Minum teh hijau

Teh hijau telah dikaitkan dengan kesehatan yang baik. Manfaat teh hijau disebabkan tingginya tingkat antioksidan yang disebut flavonoid sehingga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Benarkah Rajin Minum Teh Hijau Bisa Menurunkan Kolesterol?

5. Tidur yang cukup

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com