Kompas.com - 26/03/2018, 05:15 WIB
Ilustrasi sehat g-stockstudioIlustrasi sehat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com — Siapa yang mau kena serangan penyakit? Tentu tidak ada. Ya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menjaganya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan tubuh yang bisa kita coba.

1. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau dan berdaun kaya akan vitamin yang membantu kita menjaga diet seimbang dan mendukung sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Menurut sebuah peercobaan yang dilakukan pada tikus, makan sayuran criciferous, seperti brokoli, kembang kol, dan kol, dapat membantu mengirimkan sinyal kimia ke tubuh yang meningkatkan protein pada permukaan sel yang diperlukan untuk membuat kerja sistem kekebalan tubuh lebih optimal.

Dalam penelitian ini, tikus sehat yang tidak makan sayuran hijau mengalami penurunan protein permukaan sel 70-80 persen.

Baca juga: Tubuh Pria Penyuka Sayuran Lebih Wangi

2. Konsumsi vitamin D

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gejala seperti pertumbuhan tulang yang buruk, masalah jantung, dan sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Makanan yang mengandung sumber vitamin D terbaik antara lain kuning telur, jamur, ikan salmon, ikan tuna, dan hati sapi. Kita juga bisa membeli suplemen vitamin D dan pilih yang mengandung D3 (cholecalciferol) karena ini baik dalam meningkatkan kadar vitamin D dalam darah.

Namun, sebelum mengonsumsi suplemen, sebaiknya konsultasikan hal ini pada dokter.

Baca juga : Vitamin yang Dibutuhkan agar Mr P Bekerja Optimal

3. Olahraga rutin

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X