3 Bahan Alami Untuk Membantu Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Kompas.com - 23/04/2018, 12:13 WIB
Ilustrasi luka bakar PositiveFocusIlustrasi luka bakar
Penulis Wisnubrata
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Luka bakar biasanya akan menimbulkan bekas luka. Area kulit yang rusak akibat luka bakar akan memproduksi protein yang disebut kolagen. Kolagen diproduksi untuk memperbaiki area kulit yang rusak tersebut.

Nah, saat memperbaiki dirinya sendiri, kulit akan menebal dan akan berubah warnanya dari warna asalnya. Inilah yang kita lihat sebagai bekas luka bakar.

Lalu bagaimana cara menghilangkan bekas luka bakar di kulit?

Sebelumnya kita harus mengetahui seberapa parah luka bakar yang dialami. Tidak semua luka bakar bisa diobati menggunakan bahan alami, dan tidak semua dapat dihilangkan. Pada beberapa kasus yang parah, luka bakar tidak bisa sembuh.

Jenis luka bakar dibagi jadi tiga, tergantung pada tingkat keparahannya.

Tingkat pertama

Pada luka bakar tingkat pertama atau ringan, kerusakan hanya timbul di permukaan kulit atas, warna kulit memerah, dan kulit terasa nyeri ringan.

Beberapa orang dengan luka bakar tingkat ini tidak meninggalkan bekas luka bakar setelah dilakukan penanganan dengan tepat, atau hanya meninggalkan sedikit bekas luka ringan.

Biasanya penyembuhan luka bakar tingkat pertama dalam waktu 6 hari tanpa meninggalkan bekas luka.

Tingkat kedua

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X