Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/05/2018, 20:19 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pangeran Harry dan Meghan Markle baru saja resmi menjadi sepasang suami-istri. Kebahagian itu masih terasa di hati setiap orang yang menyaksikan momentum sakral pernikahan pasangan tersebut.

Masih hangatnya momentum tersebut membuat hal-hal yang dilakukan Pangeran Harry-Meghan menjadi hal yang menarik untuk disimak. Termasuk gestur.

Seperti Kate, Meghan disebut berlatih keras untuk mengucap janji suci agar tak berantakan. Termasuk tak mengucapkan 'to obey' alias mematuhi.

Hal ini sebelumnya juga pernah dilakukan Putri Diana saat menikah dengan Pangeran Charles. Namun, satu hal yang disadari pakar bahasa tubuh Patti Wood, adalah Meghan terlihat lebih lantang daripada Kate saat mengucap janji suci.

"Meghan jauh lebih percaya diri. Ia lebih lantang, dibanding Kate yang lebih lembut dan malu-malu. Tapi tetap saja, hal itu hanya dilakukannya untuk William," kata Wood

Pangeran Harry dan Meghan Markle saat acara pemberkatan pernikahan di Kapel St George, Kastil Windsor, Inggris, Sabtu (19/5/2018). Sebanyak 600 tamu undangan menghadiri jamuan makan siang dan makan malam pada acara resepsi, ditambah 2.640 tamu dari warga biasa yang akan menimati teh dan kudapan di Istana Windsor.AFP PHOTO/POOL/DOMINIC LIPINSKI Pangeran Harry dan Meghan Markle saat acara pemberkatan pernikahan di Kapel St George, Kastil Windsor, Inggris, Sabtu (19/5/2018). Sebanyak 600 tamu undangan menghadiri jamuan makan siang dan makan malam pada acara resepsi, ditambah 2.640 tamu dari warga biasa yang akan menimati teh dan kudapan di Istana Windsor.
Wood mencatat bahwa Meghan jauh lebih sadar dengan orang-orang yang menyaksikan momentum tersebut. Inilah mengapa ia melihat mata Harry dengan sangat dalam saat mengucap janji suci.

Menurutnya, Meghan ingin agar Harry terus menatapnya dalam-dalam untuk tetap tenang dan mengabaikan orang-orang.

Meghan dan Harry juga terlihat berdiri dengan tubuh saling berhadapan. Berbeda dengan Kate dan William yang berdiri menghadap Uskup Agung.

Sementara Harry, menurut Wood, memiliki bahasa tubuh yang sangat serupa dengan William saat mengucap janji suci.

Tubuh mereka kerap bergoyang maju mundur sebagai tanda kegugupan.

Wood amat menyukai gerakan tersebut. Sebab meskipun momentum tersebut terbilang sangat formal, namun menunjukkan bahwa keduanya masih lah rapuh dan sedang sangat jatuh cinta.

"Ini menunjukkan betapa pentingnya momentum tersebut bagi mereka. Mereka merasakan kerapuhan tertentu dengan momentum pernikahan tersebut dan kehadiran mempelai wanita," ujar Wood.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com