Kompas.com - 14/06/2018, 17:13 WIB
Ilustrasi air beras KatharinaRauIlustrasi air beras
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Air cucian beras disebut-sebut memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satu manfaat air beras yang cukup banyak dibicarakan ialah untuk kesehatan rambut.

Benarkah air beras bisa digunakan untuk merawat rambut agar lebih sehat dan indah? Bagaimana cara pakainya?

Butiran beras mengandung 75 hingga 80 persen pati. Air beras adalah air tepung yang tersisa setelah beras direndam atau dimasak. Dikutip dari Medical News Today, air beras diduga mengandung vitamin dan mineral seperti:

  • Asam amino
  • Vitamin B
  • Vitamin E
  • Mineral
  • Antioksidan

Manfaat air beras untuk rambut

Menggunakan air cucian beras untuk kesehatan dan rambut bukan hal yang baru lagi. Temuan zaman dahulu kala menyatakan bahwa rahasia perawatan rambut wanita Jepang kuno ialah air cucian beras.

Para ilmuwan dan ahli kecantikan akhirnya melakukan berbagai penelitian mengenai keampuhan air cucian beras untuk memperindah dan memperkuat rambut.

Baca juga: Trik Cantik, Racikan Air Beras Jadikan Kulit Wajah Lebih Cerah dan Lembut

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada tahun 2010, hasil penelitian tentang air cucian beras menyatakan bahwa bahan yang satu ini dapat mengurangi gesekan antarpermukaan dan dapat meningkatkan elastisitas rambut.

Sayangnya, simpulan penelitian ini bersumber dari contoh-contoh historis di masa lampau sehingga belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Penelitian lainnya juga dilakukan untuk mencari tahu berbagai manfaat air cucian beras untuk rambut.

Dikutip dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa inositol, yaitu bahan yang ditemukan dalam air beras mampu menembus ke dalam rambut yang rusak dan memperbaikinya dari dalam.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.