Kompas.com - 04/07/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi posisi yoga lotus asana Veles-StudioIlustrasi posisi yoga lotus asana

KOMPAS.com - Banyak ahli berpedapat yoga adalah jenis olahraga yang memiliki berjuta manfaat.

Yoga dipercaya mampu menyeimbangkan tubuh, mental dan holistik pada seseorang. Bahkan, banyak ahli berpendapat yoga ampuh untuk meredakan stres.

Sayangnya, riset terbaru yang dilaporkan oleh laman D'Marge menemukan hal yang mungkin merupakan sisi negatif dari olahraga yang menerapkan prinsip mindfullness ini.

Berdasarkan hasil riset, yoga dan meditasi kontemporer, para peserta pemula dalam latihan yoga memiliki kecenderungan merasa lebih baik dibanding orang lain, alias egonya meningkat. 

Riset ini dilakukan oleh peneliti dari The University of Southampton.

Baca juga: 7 Manfaat Yoga untuk Pria

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Riset dilakukan dengan meneliti 93 siswa yoga dan mengevaluasi perasaan peningkatan kualitas diri mereka selama 15 minggu.

Pertama, periset menilai persepsi peserta terhadap peningkatan diri dengan menanyakan bagaimana nilai pribadi mereka dibanding rata-rata siswa yoga lainnya.

Kemudian, peserta mengambil tes yang mengindentifikasi kecenderungan narsistik yang mendasar.

Kecenderungan tersebut dilakukan dengan meminta peserta menilai sebuah kalimat seperti 'Saya akan terkenal karena perbuatan baik yang saya lakukan'.

Periset juga menilai skala kepercayaan diri peserta dengan menanyakan pendapat peserta mengenai kalimat, seperti 'Saat ini, saya memiliki harga diri yang tinggi'.

Halaman:


Sumber DMarge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.