6 Makanan Kaya Nutrisi untuk Olahraga Lebih Maksimal - Kompas.com

6 Makanan Kaya Nutrisi untuk Olahraga Lebih Maksimal

Kompas.com - 28/08/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi olahraga bersama pasanganDragonImages Ilustrasi olahraga bersama pasangan

KOMPAS.com - Tak hanya merancang jadwal olahraga rutin saja yang diperlukan, kita juga harus memilih dan mengatur makanan yang tepat supaya olahraga optimal.

Memilih makanan yang tepat sebelum berolahraga penting dilakukan supaya punya energi penuh dan memaksimalkan pembentukan otot serta pembakaran lemak. Lantas, makanan sebelum olahraga yang seperti apa yang baiknya dikonsumsi?

Saat berolahraga, tubuh memerlukan energi ekstra. Ketika berolahraga dengan kondisi perut kosong, kita akan kehabisan energi, merasakan mual, dan pusing.

Kondisi ini membuat kita kehilangan fokus dan dorongan untuk melanjutkan aktivitas. Akibatnya, hasil olahraga yang seharusnya maksimal malah menunjukkan hasil sebaliknya.

Nah, jika ingin hasil yang memuaskan, energi di dalam tubuh harus tercukupi. Sebaiknya pilih makanan sebelum olahraga yang baik dan tepat supaya meningkatkan performa dalam berolahraga.

1. Mangga

Ilustrasi buah manggaAnnaPustynnikova Ilustrasi buah mangga
Buah mangga menyediakan 59,8 kalori untuk 100 gramnya. Buah ini sangat cocok untuk meningkatkan energi yang dibutuhkan tubuh dalam waktu cepat. Selain karbohidrat, mangga juga mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung gaya hidup sehat.

Semua kandungan dari buah mangga bisa melindung tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif. Mangga bisa dinikmati langsung sebagai buah potong, bisa juga dibuat jus mangga atau ditambahkan dengan yogurt.

Baca juga: Mangga Ternyata Baik untuk Kesehatan Jantung

2. Ubi jalar

Ilustrasi ubi jalartashka2000 Ilustrasi ubi jalar
Selain mangga, makanan lain yang rasanya manis dan dapat mendukung performa olahraga adala ubi jalar. Ubi mengandung karbohidrat yang lebih besar dibanding mangga, yaitu sekitar 85,8 kalori untuk 100 gramnya.

Selain sumber karbohidrat yang baik, ubi jalar juga mengandung kalium yang bisa memenuhi 14% asupan kalium per hari. Makanan bernutrisi ini memiliki potensi untuk memperbaiki jaringan otot sekaligus mencegah kelelahan otot.

Baca juga: Benarkah Makan Ubi Ungu Ampuh Membuat Berat Badan Turun?

3. Yogurt

Ilustrasi yogurt.Shutterstock Ilustrasi yogurt.
Yogurt bukan hanya sekadar camilan sehat, tapi bisa juga jadi menu makanan penunjang olahraga. Makanan ini menyediakan kalori dari lemak. Selain itu, ada kandungan probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu sistem pencernaan.

Meningkatnya jumlah bakteri baik di dalam tubuh dapat mempertajam respons kekebalan tubuh dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk cepat pulih dari rasa lelah.

Baca juga: Tahukah Anda Manfaat Yogurt bagi Olahragawan?

4. Buah bit

Ilustrasi jus buah bitzeleno Ilustrasi jus buah bit
Mungkin nama buah ini asing di telinga. Namun jika ingin performa olahraga Anda meningkat, pertimbangkan untuk memakan buah bit. Buah ini mirip seperti kentang dan berwarna merah.

Buah ini sangat baik untuk kelancaran sistem peredaran darah. Tentu, manfaat ini akan membantu kinerja atletik karena mengurangi jumlah oksigen yang harus masuk ke tubuh serta menunda tubuh kelelahan lebih cepat.

Baca juga: Jus Buah Bit, Obat Impotensi Alami yang Lebih Aman

5. Quinoa

Ilustrasi quinoa etienne voss Ilustrasi quinoa
Walaupun bentuknya seperti biji-bijian kecil, quinoa memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Quinoa memiliki kandungan gizi yang luar biasa; protein lemak, asam lemak amino esensial dan karbohidrat serta antioksidan.

Makanan ini dapat membantu perbaikan otot yang rusak setelah olahraga. Kombinasi protein dan karbohidrat menjadi sumber bahan bakar sehingga energi di dalam tubuh tahan lebih lama. Vitamin E dan vitamin C membantu senyawa antioksidan lainnya melawan radikal bebas.

6. Kacang arab atau chickpeas

Ilustrasi kacang arabmargouillatphotos Ilustrasi kacang arab
Kamu tentu tidak pernah terpikir jika kacang bisa jadi makanan penunjang olahraga, bukan? Nah, kacang ini dikenal dengan banyak nama, seperti kacang garbanzo atau chickpeas. Namun di Indonesia, kacang ini dikenal dengan kacang arab.

Kacang arab mengandung kombinasi protein dan karbohidrat yang akan menyediakan energi selama olahraga.

Selain itu, kacang ini juga kaya akan zat besi yang berpotensi menurunkan kapasitas pengangkatan oksigen di dalam tubuh sehingga akan mempertahankan energi lebih lama.

Baca juga: 7 Jenis Kacang yang Sehat untuk Dimakan


Sumber

Close Ads X