Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warna Busana yang Tak Pernah Dipakai Kate dan Meghan

Kompas.com - 03/09/2018, 12:18 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dibalik penampilan keluarga Inggris yang terlihat elegan dan modis, ada banyak aturan bebrusana yang harus mereka ikuti.

Secara khusus, Ratu Elizabeth II kerap menerima pujian dengan gaya busana yang selalu menjadi ciri khasnya, yaitu setelan warna cerah.

Sementara itu, Kate dan Meghan selalu mengandalkan warna yang lebih lembut atau pastel, meski sesekali mereka tampil dengan warna yang lebih berani.

Ternyata ada satu warna yang tak pernah dikenakan oleh The Duchess of Sussex dan the Duchess of Cambridge saat berada di depan publik, yakni warna oranye.

Laman Marie Claire melaporkan jika tidak ada ada aturan mode kerajaan yang tak terucapkan atau tradisi yang menentang pemakaian warna oranye.

Ratu Elizabeth  II dan Meghan Markle dalam kunjungan ke Chester, menggunakan kereta api kerajaan. Dok. Independet.co.uk Ratu Elizabeth II dan Meghan Markle dalam kunjungan ke Chester, menggunakan kereta api kerajaan.
Namun, ada beberapa teori mengenai hal ini. Salah satunya warna oranye akan nampak buruk saat difoto.

Alasan lain adalah kedua wanita cantik tersebut tak menyukai warna oranye.

Ada teori yang menyebutkan jika Kate dan Meghan menghindari warna yang dipakai oleh Ratu.

Ratu memang identik dengan warna cerah, termasuk oranye. Pada beberapa kesempatan, ia memakai warna tersebut, seperti pada momen Natal.

Sejak menikah dengan Pangeran Harry, Meghan kerap tampil memakai warna-warna netral.

Menurut Harpers Bazaar, kemungkinan besar ia melakukannya agar tak menjadi pusat perhatian ketika tampil di hadapan publik bersama Ratu.

Baca juga: Kalahkan Meghan, Kate Middleton Raih Predikat Influencer Fesyen

Lalu, mengapa Ratu selalu memakai baju berwarna cerah?

Menurut Countess of Wessex, alias Sophie Helen yang merupakan menantu Ratu Elizabeth, Ratu selalu memakai baju dan topi warna cerah agar masyarakat selalu dapat melihatnya ketika berada di kerumunan.

"Dia harus menonjol bagi orang-orang untuk dapat mengatakan 'Aku melihat Ratu'," kata Sophie dalam film dokumenter The Queen at 90.

Warna yang kalem, seperti krem, terlalu membosankan bagi Ratu.

Caroline de Guitaut, kurator di Royal Collection Trust, mengatakan Sang Rayu sadar dirinya perlu terlihat menonjol dihadapan banyak orang.

"Ini adalah alasan bahwa topi selalu memainkan peran penting dalam lemari pakaiannya," tambahnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com