Kompas.com - 05/10/2018, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Ada sejumlah miskonsepsi seputar penggunaan obat kumur (mouthwash) terhadap kesehatan gusi dan gigi. Sebenarnya apakah setelah kita menyikat gigi masih perlu menggunakan mouthwash?

Obat kumur menjadi salah satu pembersih mulut, namun tidak bisa menggantikan rutinitas higienitas mulut seperti menyikat gigi atau menggunakan benang gigi.

Fungsi mouthwash lebih kepada penyegar nafas. Beberapa obat kumur, terutama yang menggunakan pembersih flouride, juga bisa melindungi gigi dari asam yang diproduksi ketika terkena bakteri plak.

Sehingga, ketika kamu mengalami masalah gusi atau infeksi jamur mulut, dokter gigi pasti akan menyarankanmu menggunakan obat kumur.

Beberapa obat kumur juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang karena kandungan flouride dan lainnya mengandung bahan pembunuh kuman sehingga terbentuknya plak gigi bisa dicegah.

Namun, kebanyakan mouthwash mengandung alkohol sehingga dapat menimbulkan masalah ketika tertelan.

Meski begitu, ada pula mouthwash yang tak mengandung alkohol untuk mereka yang memiliki gusi sensitif. Obat kumur alami mengandung bahan seperti lidah buaya atau kamomil.

Jika kamu memastikan rutinitas pembersihan gigimu sudah cukup baik, maka obat kumur tidak terlalu perlu. Sebab obat kumur cenderung hanya efektif untuk membersihkan permukaan gigi.

Ketika bakteri atau plak sudah ada pada gigi, mouthwash tak memiliki fungsi apapun untuk menghilangkannya kecuali membuat nafas lebih segar.

Meski begitu, jika kamu ingin tetap menggunakannya, pilihlah produk yang mengandung bahan antibakterial sehingga bisa memerangi plak.

Baca juga: JEO - Pasang Kawat Gigi, Jangan Cuma Asal Mau Bikin Rapi

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Boldsky
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.