Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/10/2018, 16:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Ada sejumlah miskonsepsi seputar penggunaan obat kumur (mouthwash) terhadap kesehatan gusi dan gigi. Sebenarnya apakah setelah kita menyikat gigi masih perlu menggunakan mouthwash?

Obat kumur menjadi salah satu pembersih mulut, namun tidak bisa menggantikan rutinitas higienitas mulut seperti menyikat gigi atau menggunakan benang gigi.

Fungsi mouthwash lebih kepada penyegar nafas. Beberapa obat kumur, terutama yang menggunakan pembersih flouride, juga bisa melindungi gigi dari asam yang diproduksi ketika terkena bakteri plak.

Sehingga, ketika kamu mengalami masalah gusi atau infeksi jamur mulut, dokter gigi pasti akan menyarankanmu menggunakan obat kumur.

Beberapa obat kumur juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang karena kandungan flouride dan lainnya mengandung bahan pembunuh kuman sehingga terbentuknya plak gigi bisa dicegah.

Namun, kebanyakan mouthwash mengandung alkohol sehingga dapat menimbulkan masalah ketika tertelan.

Meski begitu, ada pula mouthwash yang tak mengandung alkohol untuk mereka yang memiliki gusi sensitif. Obat kumur alami mengandung bahan seperti lidah buaya atau kamomil.

Jika kamu memastikan rutinitas pembersihan gigimu sudah cukup baik, maka obat kumur tidak terlalu perlu. Sebab obat kumur cenderung hanya efektif untuk membersihkan permukaan gigi.

Ketika bakteri atau plak sudah ada pada gigi, mouthwash tak memiliki fungsi apapun untuk menghilangkannya kecuali membuat nafas lebih segar.

Meski begitu, jika kamu ingin tetap menggunakannya, pilihlah produk yang mengandung bahan antibakterial sehingga bisa memerangi plak.

Baca juga: JEO - Pasang Kawat Gigi, Jangan Cuma Asal Mau Bikin Rapi

Pro menggunakan mouthwash

Bagi beberapa orang, mouthwash menjadi bagian dari rutinitas menjaga kesehatan mulut. Beberapa manfaat lainnya antara lain:

- Produk yang mengandung flouride akan memberikan perlindungan lebih untuk mencegah lubang gigi dengan memperkuat lapisan email.

- Menjaga gusi tetap sehat karena membersihkan bakteri yang menempel pada gusi.

- Membersihkan noda-noda pada gigi dan membuat gigi tetap putih bersih.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com