6 Kunci Penting agar Semangat Berolahraga Buat Si Mager

Kompas.com - 11/11/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi olahraga nd3000Ilustrasi olahraga
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Semua orang tahu bahwa olahraga penting buat kesehatan. Sayangnya tidak semua orang punya semangat olahraga. Padahal, bekal pengetahuan saja tidak cukup bikin kita hidup lebih sehat kalau tidak dibarengi dengan prakteknya di dunia nyata.

Nah supaya kamu mulai dan tetap semangat olahraga sampai seterusnya, jajal tips berikut!

1. Buat jadwal rutin dan patuhi

Ilustrasi jadwal olahragashutterstock Ilustrasi jadwal olahraga
Niat dan tekad adalah fondasi utama dan yang paling sulit dibangun dari keinginan berolahraga teratur. Terlebih jika kamu punya kesibukan harian yang padat hingga sulit meluangkan waktu.

Untuk menyiasatinya, masukkan waktu olahraga sebagai bagian dari jadwal sehari-hari. Mulailah perlahan dulu. Misalnya, sisihkan 30 menit dalam total 24 jam yang kamu miliki untuk berolahraga, dan buat jadwal 30 menit x 3 hari dalam seminggu.

Cari waktu yang menurutmu paling lowong. Catat di jurnal, tandai di kalender, dan pasang alarm bila perlu pengingat. Anggap saja ini sebagai percobaan untuk membantu menemukan waktu olahraga yang sesuai.

Sebisa mungkin komitmenlah dengan jadwal yang telah kamu susun. Jangan malah mengisinya dengan kegiatan lain yang tidak ada hubungannya dengan olahraga.

Baca juga: Olahraga Singkat Mampu Memberi Manfaat Optimal, Asal...

2. Pilih olahraga yang kamu senangi

Ilustrasi olahragashutterstock Ilustrasi olahraga
Olahraga sering dianggap sebagai beban hidup. Ini mungkin karena kamu salah pilih jenis olahraganya sehingga malah makin malas berolahraga lagi.

Pada dasarnya, perlakukan olahraga seperti hobi atau kesukaan lainnya dalam keseharianmu. Agar terus semangat olahraga, ikuti apa kata hati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X