Kompas.com - 21/11/2018, 15:03 WIB

KOMPAS.com -  Berkomitmen olahraga rutin memang tidak mudah. Belum lagi jika kita disibukkan dengan beragam aktivitas dan hanya sedikit waktu tersisa.

Tak jarang mereka yang pada akhirnya terpaksa merelakan uang untuk membayar keanggotaan pusat kebugaran secara sia-sia karena tidak bisa meluangkan waktu untuk berolahraga di sana.

Padahal, memulai rutinitas olahraga bisa dimulai dari rumah dengan tahapan yang sederhana, lho. Berikut tipsnya:

1. Membentuk kebiasaan rutin

Membuat suatu kebiasaan baru untuk berolahraga di rumah memang tidak mudah. Pelatih tinju dan pendiri EverybodyFights di Boston, George Foreman III mengatakan, jika kita ingin sukses membentuk kebiasaan tersebut maka kita harus mulai dengan komitmen yang sederhana namun bisa kita penuhi.

"Sisipkan komitmen kecil ini pada rutinitas pagi atau malammu. Misalnya sebelum beraktivitas atau sebelum tidur," kata dia.

Misalnya, sebelum menggosok gigi lakukanlah 20 kali push-up dan 20 kali squat. Lama-kelamaan tubuh kita akan terus menagih aktivitas baru dan akan merasa aneh jika belum melakukan rutinitas tersebut.

2. Mendesain area khusus olahraga

Ketika kita sudah memiliki rutinitas olahraga di rumah, akan sangat membantu jika kita juga punya area untuk berolahraga di rumah. Tak perlalu luas, cukup buatlah area kecil yang memungkinkan kita beraktivitas.

Misalnya, untuk meletakkan peralatan olahraga. Kamu bisa membubuhkan cat berwarna berbeda dari ruangan lainnya atau menghias area tersebut dengan kutipan motivasi favorit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber POP SUGAR
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.