Ingin Punya Kulit Cerah Alami? Pakai Masker Kopi! - Kompas.com

Ingin Punya Kulit Cerah Alami? Pakai Masker Kopi!

Kompas.com - 04/12/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi masker kopishutterstock Ilustrasi masker kopi

KOMPAS.com - Tak hanya dijadikan sebagai minuman penunda kantuk, kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk perawatan kulit.

Ya, masker kopi ternyata menyimpan berbagai manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak berbagai manfaat masker kopi dan panduan mudah membuatnya di bawah ini.

Manfaat masker kopi untuk kulit

1. Mencerahkan kulit

Ilustrasi kulit cerahshutterstock Ilustrasi kulit cerah
Dikutip dalam laman Prevention, Dr. Julia Hunter, seorang dokter kulit di Beverly Hills, California mengatakan bahwa scrub kopi dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan menyamarkan garis-garis halus di wajah.

Bahkan, kandungan asam dalam kopi juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi), sekaligus memperlancar aliran darah ke jaringan kulit sehingga membuat kulit tampak cerah bersinar.

Tentunya efek ini tidak bisa didapatkan langsung secara instan, melainkan butuh waktu tapi aman dan menyehatkan.

Baca juga: Kulit Cerah Masih Jadi Dambaan Banyak Orang

2. Mencegah kanker kulit

Ilustrasi kulit terpapar mataharishutterstock Ilustrasi kulit terpapar matahari
Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal daring Proceeding National Academy of Sciences, kopi juga bermanfaat untuk mencegah kanker kulit.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 ini menemukan bahwa senyawa kafein dalam kopi dapat melindungi kulit dari risiko kanker kulit.

Erikka Loftfield, salah seorang peneliti dari Yale School of Public Health juga mengatakan hal yang serupa. Kopi dapat mengurangi efek paparan sinar matahari dan sinar UV pada kulit sehingga risiko terkena kanker kulit pun terbilang lebih rendah.

Meski kopi dapat mencegah kanker kulit, namun penting diperhatikan bahwa tidak ada cara yang lebih baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari selain menggunakan sunscreen.

Baca juga: Kenali Faktor Risiko Kanker Kulit

3. Memudarkan selulit

Ilustrasi selulitshutterstock Ilustrasi selulit
Efek kopi yang bertindak sebagai eksfoliator diduga dapat membantu menyamarkan selulit. Hal ini didukung oleh sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetology pada tahun 2008.

Dalam studi tersebut diketahui bahwa krim penghilang selulit mengandung kafein yang bisa mengurangi selulit sebanyak 17 persen dari diameter sel lemak. Sementara krim yang mengandung siloxanetriol alginate caffeine (SAC) menunjukkan penurunan tampilan selulit hingga 26 persen.

Kopi yang dibuat menjadi scrub dapat membantu menyamarkan selulit dengan beberapa cara. Pertama, kafein dalam kopi dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga dapat mengurangi munculnya selulit. Kedua, kopi juga kaya antioksidan yang dapat membantu memperbaiki tekstur kulit lebih sehat.

Baca juga: Bermasalah dengan Selulit? Coba Lakukan 9 Cara Ini...

4. Mengusir mata panda

Ilustrasi mata lelahshutterstock Ilustrasi mata lelah
Ketika dioleskan pada kulit, kafein dapat membantu mengurangi munculnya mata panda alias kantung mata. Menurut pakar kesehatan kulit, Jeanette Graf, M.D, kafein dapat menyempitkan pembuluh darah di bawah kulit sehingga “bengkak” di bawah mata perlahan-lahan mereda.

Meski kafein tidak bisa sepenuhnya menghapus lingkaran hitam mata yang disebabkan faktor keturunan, mengoleskan kafein di bawah mata akan mengempiskan bengkak dan peradangan yang terkait dengan lingkaran hitam.

Selain itu, kafein juga bisa mengurangi penggumpalan darah di bawah mata yang menyebabkan mata panda.

Baca juga: 5 Penyebab Timbulnya Lingkaran Hitam dan Kantung Mata

Cara membuat masker kopi

Ilustrasi kopi untuk bahan perawatan kulitvoraorn Ilustrasi kopi untuk bahan perawatan kulit
Kandungan kafein memainkan peran besar agar kita bisa meraih manfaat optimal dari masker kopi.

Oleh sebab itu, sebelum membuat masker kopi alami sendiri di rumah, pastikan kamu menggunakan kopi segar, bukan ampas ataupun kopi instan sachet. Pilih juga jenis kopi Robusta yang memiliki kandungan kafein lebih banyak daripada kopi arabika.

Berikut panduan membuat masker kopi alami yang bisa dicoba di rumah:

Cara 1

  • Siapkan 1 cangkir bubuk kopi giling kasar dan 1 cangkir minyak kelapa murni (virgin coconut oil/VCO). Bisa juga menggantinya dengan minyak lain pilihan, misalnya minyak zaitun.
  • Campurkan semua minyak dan bubuk kopi giling ke dalam sebuah mangkuk. Jika menggunakan minyak kelapa, kamu bisa cairkan minyak kelapa dalam microwave terlebih dahulu selama 20-30 detik.
  • Aduk semua bahan menjadi adonan kasar.
  • Kamu bisa gunakan kuas khusus masker atau dengan tangan.
  • Oleskan secara merata masker kopi ke seluruh tubuh, termasuk wajah dan daerah selulit, dengan pijatan gerakan melingkar.
  • Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas bersih dengan air hangat.
  • Ulangi setidaknya seminggu dua kali

Cara 2

  • Siapkan 2 sendok bubuk kopi giling dan 1 sendok yogurt plain.
  • Campurkan semua bahan dalam sebuah mangkok.
  • Oleskan secara merata masker kopi ke kulit wajah dan leher.
  • Pijat lembut di area tersebut dan diamkan selama beberapa menit.
  • Bilas bersih dengan air hangat.
  • Gunakan setidaknya dua kali seminggu.

Cara 3

  • Siapkan 1 cangkir garam laut (sea salt) atau garam epsom, 2 sendok makan kopi bubuk, dan 1/4 cangkir minyak kelapa asli.
  • Campurkan semua bahan dalam sebuah wadah lalu aduk-aduk.
  • Oleskan masker kopi secara merata di seluruh tubuh dengan pijatan ringan yang melingkar.
  • Perhatikan area yang kasar dan kering seperti siku dan lutut.
  • Diamkan selama beberapa menit lalu bilas sampai bersih.
  • Minyak kelapa mungkin akan membuat lantai atau bak mandi licin, jadi harap berhati-hati.

Sebelum membuat masker kopi, perhatikan ini dulu!

Ilustrasi memakai masker kopishutterstock Ilustrasi memakai masker kopi
Kopi memang diketahui memiliki banyak manfaat untuk kulit. Namun, ingat bahwa kopi bukanlah satu-satunya bahan perawatan kulit, atau bahkan yang terbaik, bagi kita. Ada banyak pilihan efektif lain untuk membantu merawat kulit.

Produk perawatan kulit apa pun yang kamu gunakan, membutuhkan waktu untuk bekerja. Jadi, jangan berharap mendapatkan hasil yang instan.

Meski menggunakan bahan-bahan alami, penting untuk diketahui bahwa bahan tersebut tidaklah selalu aman bagi beberapa orang.

Apabila jenis kulit kamu sensitif, jangan pernah mencoba perawatan kulit sembarangan, sekalipun perawatan yang dilakukan memakai bahan alami.

Jangan pernah juga menggosok-gosok kulit terlalu kencang, tak peduli apa pun jenis kulitmu. Kebiasaan ini justru dapat mengiritasi kulit.

Berkonsultasi ke dokter kulit adalah solusi terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang sedang kamu alami.


Sumber

Close Ads X