Kompas.com - 04/12/2018, 05:05 WIB
Ilustrasi masker kopi shutterstockIlustrasi masker kopi
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tak hanya dijadikan sebagai minuman penunda kantuk, kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai masker untuk perawatan kulit.

Ya, masker kopi ternyata menyimpan berbagai manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, simak berbagai manfaat masker kopi dan panduan mudah membuatnya di bawah ini.

Manfaat masker kopi untuk kulit

1. Mencerahkan kulit

Ilustrasi kulit cerahshutterstock Ilustrasi kulit cerah
Dikutip dalam laman Prevention, Dr. Julia Hunter, seorang dokter kulit di Beverly Hills, California mengatakan bahwa scrub kopi dapat membuka pori-pori yang tersumbat dan menyamarkan garis-garis halus di wajah.

Bahkan, kandungan asam dalam kopi juga dapat membantu mengangkat sel kulit mati (eksfoliasi), sekaligus memperlancar aliran darah ke jaringan kulit sehingga membuat kulit tampak cerah bersinar.

Tentunya efek ini tidak bisa didapatkan langsung secara instan, melainkan butuh waktu tapi aman dan menyehatkan.

Baca juga: Kulit Cerah Masih Jadi Dambaan Banyak Orang

2. Mencegah kanker kulit

Ilustrasi kulit terpapar mataharishutterstock Ilustrasi kulit terpapar matahari
Menurut hasil penelitian yang diterbitkan oleh jurnal daring Proceeding National Academy of Sciences, kopi juga bermanfaat untuk mencegah kanker kulit.

Penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 ini menemukan bahwa senyawa kafein dalam kopi dapat melindungi kulit dari risiko kanker kulit.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X