Hari Ini dalam Sejarah, Piringan Cakram "Frisbee" Mulai Diproduksi

Kompas.com - 23/01/2019, 11:00 WIB
Frisbee menjadi tren pada tahun 1966 di Inggris TimeFrisbee menjadi tren pada tahun 1966 di Inggris

KOMPAS.com - Ketika seorang mulai jenuh dengan aktivitas keseharian, maka rehat sejenak menjadi solusi yang dianjurkan. Biasanya, mereka melakukan permainan yang bisa mengembalikan mood menjadi baik.

Banyak opsi permainan yang bisa dilakukan, baik itu melalui video game ataupun permainan fisik.

Dari tahun ke tahun, aneka permainan berkembang di beberapa negara. Banyak juga permainan yang bermula dari hobi, hingga akhirnya menjadi ajang olahraga yang dipertandingan.

Salah satu permainan itu adalah frisbee. Permainan yang identik dengan teknik melempar ini mulai menjadi hits ketika memasuki era 1950-an. Salah satu yang melatarbelakangi adalah hadirnya cakram yang lebih enak ketika dilempar.

Ketika itu, perusahaan permainan mulai mengembangkan cakram yang mampu terbang dan digenggam oleh pelempar agar lebih nyaman.

Hari ini 62 tahun yang lalu, tepatnya pada 23 Januari 1957, perusahaan mainan Wham-O meluncurkan cakram plastik aerodinamis yang mampu terbang bebas.

Alat ini digunakan dengan cara melemparkan ke segala arah sesuai dengan kehendak dari seorang pelempar. Hadirnya inovasi ini, menjadikan frisbee semakin populer di beberapa negara Eropa dan bahkan dunia.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah, Komentar Sepak Bola Disiarkan Perdana

Berawal dari kaleng kue

Tak diketahui kapan manusia mulai melempar benda berbentuk cakram itu. Namun, melempar cakram merupakan pertandingan yang pernah dilakukan pada Olimpiade Yunani Kuno.

Dilansir dari History.com, jika melihat dari asal-usul namanya, frisbee dipercaya dari kebiasaan mahasiwa di Amerika Serikat yang ketika itu sering melempar kaleng kue atau pie ke berbagai arah.

Hal itu terjadi ketika salah seorang bernama William Frisbie membuka perusahaan Frisbie Pie di Bridgeport, Connecticut. Biasanya, para anak muda ini berteriak "Frisbie!" ketika kaleng tersebut dilemparkan oleh para mahasiswa

Halaman:
Baca tentang


Sumber Time,History
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X