Cermati, Bagian "Penting" Tubuh yang Kerap Luput saat "Workout"

Kompas.com - 01/03/2019, 09:46 WIB
Gerakan mendayung dengan menggunakan rowing machine. SHUTTERSTOCKGerakan mendayung dengan menggunakan rowing machine.

KOMPAS.com - Sudahkah kamu melakukan aktivitas olahraga yang lengkap?  Ya, lengkap.

Disebut demikian karena ternyata banyak orang yang sangat aktif berolahraga, tapi kerap melupakan satu bagian penting dari tubuh, yakni punggung.

Kamu berlari melatih ketahanan. Melakukan angkat beban untuk menguatkan otot kaki, tangan, dan perut. Tapi, sudahkah kamu memperhatikan punggung?

Ya, punggung merupakan bagian tubuh yang seringkali luput dalam aktivitas workout. Padahal, punggung memegang peran utama dalam kebugaran tubuh.

“Menyetir mobil, duduk di meja kerja selama berjam-jam, adalah aktivitas yang membutuhkan kekuatan pada punggung."

Begitu dikatakan Chavanne Scott-Hellner -seorang pelatih kebugaran bersertifikat, yang juga pendiri pusat kebugaran Fitness Together, seperti dikutip dari laman wellandgood-com.

Baca juga: Ingin Bangun Otot Tak Sekadar Makan Banyak Protein

“Jadii, secara keseluruhan, latihan punggung akan membangun hubungan yang baik antara otak dengan seluruh bagian tubuh," kata dia.

Selain itu, tentu tak bisa dibantah, punggung merupakan "rumah" dari seluruh organ vital di tulang belakang, dan sekaligus berperan membentuk postur tubuhmu. 

Sehingga, jika kamu tidak melatih punggung menjadi lebih kuat, maka secara keseluruhan akan berpengaruh pada lemahnya bagian tubuh lainnya.

“Dengan menguatkan otot punggung melalui latihan, ini akan membantu keselarasan tubuh secara menyeluruh."

"Kekuatan punggung pun berpengaruh untuk melepas ketegangan pada otot-otot bagian dada -keduanya merupakan bagian penting, karena secara kolektif mendukung dan memperkuat tulang belakang," papar Scott-Hellner.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X