Kompas.com - 17/03/2019, 14:14 WIB
. Getty Images/iStockphoto.

KOMPAS.com - Kabar buruk bagi para pria. Seiring berjalannya waktu, kondisi penis akan mengalami penurunan.

Yah, Mr P yang kita banggakan nampaknya juga mengalami penuaan. Jadi, bertambahnya usia akan menurunkan sensitifitas dan kekuatan serta memperkecil ukuran penis.

Namun jangan terlalu khawatir dulu. Pasalnya, ada cara khusus untuk melindungi simbol kejantanan pria dari kerusakan karena penuaan.

Baca juga: Perubahan yang Terjadi pada Penis Saat Pria Menua

Berikut cara melindungi kondisi penis dari penuaan.

1. Rawat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ilustrasi celana dalamshutterstock Ilustrasi celana dalam
Menumbuhkan jenggot biasanya membuat pria terlihat lebih tua. Sedangkan memangkasnya  membuat wajah terlihat lebih muda.

Hal yang sama juga berlaku untuk simbol kejantanan ini. Agar tampilan penis terlihat lebih fresh, semua itu tergantung pada grooming di area vital.

Jadi, merapikan rambut kemaluan akan membuatnya terlihat lebih muda. Namun, jangan potong seluruh rambut kemaluan. Sisahkan 2,5 sentimeter untuk menciptakan ilusi Mr P yang lebih besar.

Secara otomatis, cara ini akan membuat simbol kejantanan terlihat lebih indah. Setelah mencukurnya, aplikasikan pelembab agar tampilan kulit di sekitarnya lebih baik dari sebelumnya.

Joshua Zeichner, direktur penelitian kosmetik dan klinis di Departemen Dermatologi Mount Sinai Hospital, menyarankan pria agar mengoleskan lotion ringan daripada krim atau salep yang berat, yang dapat membuat kulit lembab dan lebih rentan terhadap pertumbuhan bakteri atau jamur berlebih.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mencukur Rambut Kemaluan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.